Wabup Meranti : Manfaatkan TI Untuk Hal Positif

Kamis, 20 November 2014

internet

PELITARIAU, Selatpanjang - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy MSi, menghimbau seluruh masyarakat, khususnya para pelajar untuk memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) untuk keperluan positif. Menurutnya, kekuatan filter atas pengaruh negatif teknologi informasi itu berada dalam diri masing-masing.


"Dewasa ini berbagai teknologi informasi, baik yang positif juga negatif sangat mudah diakses masyarakat. Untuk itu sebaiknya gunakanlah teknologi informasi itu dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang positif pula," kata Wabup Masrul, saat membuka edukasi Internet Sehat, Aman, Cerdas, Kreatif dan Produktif (INSAN CAKAP) serta Penyuluhan Bahaya Narkoba, yang ditaja Diskominfo PDE Riau, di Selatpanjang, Kamis (20/11/2014) pagi.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi informasi juga perlu dilapisi dengan kekuatan nilai-nilai religi atau norma keagamaan dalam diri. Sehingga setiap pengguna dapat dengan sendirinya memagari diri dari pengaruh negatif yang dengan mudah dapat diakses melalui berbagai teknologi informasi.

"Saat ini jumlah pengguna internet sudah sangat banyak. Bahkan guru-guru juga menugaskan para murid untuk mencari referensi tugas di internet. Namun yang terpenting, ada keyakinan dalam diri kita masing-masing untuk memilah informasi mana yang baik dan mana yang tidak baik," ingatnya.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya membentengi pengaruh negatif dari penggunaan teknologi informasi. Perlu ada peraturan daerah yang nantinya dapat mengatur penggunaan TI, khususnya di warung-warung internet yang ada di daerah ini.

"Pemkab sudah mengarahkan agar pemilik warung internet tidak menyekat tempat pelanggannya. Perlu diatur jam buka warnet serta setiap warnet harus terdaftar di dinas terkait, sehingga dapat dipantau untuk mematuhi ketentuan dalam operasionalnya, khususnya bagi para pelajar yang akan menjadi generasi penerus pembangunan," ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Kepala UPT Media Center Pemerintah Provinsi Riau, Mastar Mahad, mengatakan, kegiatan edukasi Internet Sehat, Aman, Cerdas, Kreatif dan Produktif (INSAN CAKAP) dan Penyuluhan Bahaya Narkoba itu, diikuti oleh perwakilan dari 8 SMA sederajat se-Kota Selatpanjang.

Para pelajar yang mengikuti edukasi ‘INSAN CAKAP’ Diskominfo PDE Riau itu, antara lain dari SMA Kalam Kudus, SMK Negeri 1 Tebingtinggi, MAN Selatpanjang, SMK Kasih Maittreya, SMA Negeri 3 Tebingtinggi, SMA Negeri 1 Tebingtinggi, Madrasah Aliyah  Mualimin dan SMA Negeri 2 Tebingtinggi.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Muzamil, Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kepulauan Meranti, Hariadi SST MT, perwakilan Disdikbud dan sejumlah unsur terkait lainnya. (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad