Bupati Kuansing Terima Sejumlah Usulan Pembangunan Prioritas

Sabtu, 16 Februari 2019

PELITARIAU, Kuansing - Bupati Kuansing Drs H Mursini membuka resmi Musrenbang di Kecematan Cerenti Kamis,(14/2/2019) Musrenbang dipusatkan dihalaman Kantor Camat Cerenti ini, Bupati Kuansing Mursini menerima sejumlah usulan pembangunan prioritas dari Pemerintah Kecematan Cerenti. 

Camat Cerenti, Yuhendra ketika memberikan paparan dihadapan Bupati dan rombongan menyampaikan, bahwa usulan Kecematan Cerenti pada musrenbang tahun 2020, mendatang merupakan pada tingkat desa terbagi kedalam tiga bidang. 

Pertama bidang infrastruktur terdiri dari usulan perbaiki jalan Kabupaten yang menghubungkan dari Desa Tanjung Medan Kompe Berangin sepanjang 6km, kemudian peningkatan jalan Kabupaten dari Desa Pulau Bayur menuju Batang Peranap sepanjang 7 km. 

Kemudian ada juga usulan pembangunan pengaspalan jalan Kabupaten di Desa Pulau Jambu sepanjang 2km. Lanjut juga diusulkan perbaiki jalan lingkar mulai dari Kompe Berangin Kampung Baru Timur,Kampung Baru, terus menuju Kelurahan Koto Peraku sepanjang 6,8km.

Selanjutnya, juga ada usulan pengaspalan jalan Kabupaten di Desa Teluk Pauh sepanjang 3,2 km. Pembangunan turap dikelurahan Koto Peraku sepanjang 600 meter, turap di pasar Cerenti sepanjang 150 meter, dan turap di Desa Koto Cerenti sepanjang 40 meter. 

Yuhendra juga menyampaikan, usulan pembangunan box culvert di Desa Pesikian sepanjang 25 meter. Dan usulan pembangunan jembatan gantung penghubung Desa Pulau Bayur dan Pulau Jambu sepanjang 130 meter. 

Dibidang pendidikan kata, Yuhendra Pemerintah Kecematan Cerenti menyusulkan pembangunan pagar SMP N 3 Cerenti sepanjang 246 meter, dan pembangunan pagar SD 010 Tanjung Medan sepanjang 240 meter. "Dibidang kesehatan kami mengusulkan pembangunan ruang UGD, pagar puskesmas dan rumah dinas dokter dan paramedis," terang Yuhendra. 

Sedangkan untuk keperluan sarana dan prasarana Pemerintah Kecematan Cerenti, pihaknya mengusulkan pembangunan gedung serbaguna dan mobil pengangkut sampah dan kenderaan dinas Kantor Camat serta pengadaan tanah TPA. 

Menyikapi sejumlah usulan program prioritas pembangunan Kecematan Cerenti tahun 2020,yang di sampaikan Kecematan Cerenti Yuhendra tadi, Bupati Mursini meminta kepada kepala OPD terkait untuk mencacat seluruh usulan yang ada sebagai pedoman penyempurnaan rencana awal RKPD, dengan memperhatikan sasaran dan prioritas pembangunan tahun 2020 Pemkab Kuansing. 

Apa lagi, katakBupati Mursini, penyusunan RKPD itu memerlukan koordinasi antara Bappedalitang dengan perangakat daerah dan melalui musrenbang, baik pada tingkat desa Kelurahan sampai kepada Kabupaten, sasaran dan prioritas daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD. 

Namun kerana keterbasan anggaran tentunya dalam melaksanakan pembangunan tidak bisa melakukan sekaligus,mesti secara bertahap. "Misalnya pengaspalan jalan yang diusulankan sepanjang 6 km,mungkin pada tahun ini kita baru bisa mengaspalan 1km, jadi harus disesuiankan secara bertahap," terang Mursini. 

 

Pada tahun 2019 ini, sejumlah pembangunan dilaksanakan Pemkab Kuansing di Kecematan Cerenti, antara lain peningkatan jalan simpang Kompe Berangin, Kampung Baru peningkatan jalan sungai Perupuk Teluk, pembangunan Tribun utama gelanggang pacu jalur tepian Nyiur melambai Cerenti, pembuatan box culvert jalan baru sungai Perupuk dan bantuan bibit sawit. **Levis