Kegiatan Apel 3 Pilar Dipusatkan di Kab Inhu

Rabu, 13 Februari 2019

Foto Giat Apel 3 Pilar 4 Kab Dipusatkan Di Inhu Sedang Berlangsung di RTH Rengat

PELITARIAU, Inhu - Pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 sekira Pukul 09.15 Wib telah tiba Bandara Japura Lirik Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala BPBD Prov Riau H Edwar Sanger, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar serta Kabinda Prov Riau Marsma TNI Bambang Nurwicahyo.

Rombongan datang ke Kab Inhu dalam Rangka Pelaksanaan Apel Tiga ( 3 ) Pilar Zona II (Kab Inhu, Inhil, Kuansing dan Kab Pelalawan) yang dipusatkan di Lapangan Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) Rengat Indragiri Hulu.

Kedatangan rombongan disambut Langsung oleh Kapolres Inhu, Inhil, Kuansing, dan Pelalawan, Dandim 0302 Inhu, Dandim 0313 / KPR, Dandim 0314 / Inhil dan Bupati Inhu, Sesampai di Bandara Japura Kec Lirik sekira Pukul 09.30 Wib rombongan langsung menuju Lokasi Apel Tiga ( 3 ) Pilar, Sekira Pukul 10.05 Wib Rombongan Kapolda Riau, Gubernur Riau yang diwakili Kepala BPBD Prov Riau dan Danrem 031 Wirabima tiba di Jl H Agus Salim Rengat.

Rombongan disambut dengan Barisan Siswa / i, SD, SMP dan SMA serta Barisan Ormas, OKP dan langsung menuju Lokasi Apel Tiga Pilar di Lapangan Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) Rengat.

Kegiatan dihadiri oleh Pejabat Utama ( PJU ) Polda Riau, Pejabat Utama Korem 031 Wirabima, Forkopimda Prov. Riau, Kapolres Inhu, Inhil, Kuansing dan Pelalawan serta Dandim 0302 Inhu, Dandim 0313 / KPR, Dandim 0314 / Inhil.

Bupati Inhu, Bupati Inhil, Wakil Bupati Kuansing dan Wakil Bupati Pelalawan, Ketua beserta Komisioner KPUD Inhu, Inhil, Kuansing dan Kab Pelalawan, Ketua beserta Pimpinan Bawaslu Kab Inhu, Inhil, Kuansing dan Kab. Pelalawan, Pejabat Eseleon III dan IV di Lingkungan Pemkab Inhu, Inhil, Kuansing dan Pelalawan.

Para Camat se Kab Inhu, Inhil, Kuansing dan Kab Pelalawan, Para Kapolsek dan Perwira Polres Inhu, Inhil, Kuansing dan Polres Pelalawan, Para Danramil dan Perwira Kodim 0302 Inhu, 0313 / KPR dan Kodim 0314 / Inhil, Para Bhabinkamtibmas Polres Inhu, Inhil, Kuansing dan Pelalawan, Para Babinsa Kodim 0302 Inhu, 0313 / KPR dan Kodim 0314 / Inhil

Para ASN di Lingkungan Pemkab. Inhu, Inhil, Pelalawan dan Pemkab. Kuansing. Para Kades se Kab Inhu, Inhil, Kuansing dan Kab Pelalawan, Tomas, Toga dan Todat se  Kab Inhu, Panwaslu Kecamatan se Kab Inhu, Ormas / OKP LMP Inhu, Pemuda Pancasila, KNPI, Karang Taruna, FKKPI dan Senkom.

Adapun tertib acara apel tiga pilar di Lapangan Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) Rengat sebagai berikut komandan apel memasuki lapangan apel, langsung mengambil alih pasukan, Kapolda Riau, Gubernur Riau yang diwakili Kepala BPBD Prov. Riau dan  Danrem 031 Wirabima selaku Pimpinan Apel memasuki Lapangan Apel, Pasukan disiapkan, Penghormatan Pasukan, Laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel, Pengucapan Yel – Yel Tiga Pilar dipimpin oleh Kapolda Riau, Gubernur Riau dan Danrem 031 Wirabima diikuti Peserta Apel Tiga ( 3 ) Pilar.

Adapun Yel - Yel sebagai berikut Gubernur Riau Mengucapkan “Selamat Sore ”sambil mengangkat tangan kanan dan mengepalkan tangan jawaban peserta apel  Sore, Sore, Sore, Luar Biasa.

Kapolda Riau Mengucapkan “Selamat Sore” sambil mengangkat Tangan  Kanan dan mengepalkan tangan jawaban peserta apel Sore, Sore, Sore, Luar Biasa, sambil mengangkat dan mengepalkan tangan kanan.

Danrem 031 Wirabima mengucapkan  “Siapa Kita” sambil mengangkat tangan  dan mengepalkan tangan kanan jawaban peserta apel kami TNI, kami Polri, kami ASN, sambil mengangkat dan mengepalkan tangan kanan.

Gubernur Riau, Kapolda Riau dan Danrem 031 Wirabima bersama – sama mengucapkan “Mana Semangatmu” sambil mengangkat tangan dan mengepalkan tangan jawaban peserta apel Disini, Disini, Disini, sambil membuka rapat kelima jari kedua tangan dan diarahkan hentak bersamaan tiga kali ke arah dada.

Gubernur Riau, Kapolda Riau dan Danrem 031 Wirabima bersama – sama mengucapkan “Siapa Kita” sambil mengangkat dan mengepalkan tangan jawaban peserta apel “Kami Indonesia, Kami Pancasila, NKRI Harga Mati” sambil mengangkat dan mengepalkan tangan kanan serta tepuk tangan seluruh peserta apel tiga pilar.

Arahan Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM yang disampaikan mengucapkan terima kasih kepada para peserta Apel Tiga Pilar yang Hadir, Kegiatan dilaksanakan demi terwujudnya sinegitas dalam mewujudkan Pemilu yang aman, damai, sejuk dan kondusif.

Pelaksanaan Apel Tiga (3) Pilar adalah sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 dan merupakan suatu bentuk komitmen kehadiran negara ditengah - tengah masyarakat.

Gabungan Unsur 3 Pilar yakni Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kades diharapkan mampu mendeteksi segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Menekankan kepada Para Bhabinkamtibmas agar selalu berkoordinasi dengan Bhabinsa dan Perangkat Desa, guna terwujudnya situasi Kamtibmas yang Aman dan Damai selama Pelaksanaan perhelatan Pemilu 2019.

Kapolda juga menghimbau masing-masing unsur Tiga (3) Pilar untuk menghilangkan Sifat Ego Sektoral masing – masing unsur serta menghimbau untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan agar selalu siap dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang muncul mengganggu situasi Kamtibmas dalam Pemilu 2019.

Lanjunya menghimbau kepada peserta apel untuk Bersikap Netral selama pelaksanaan Pemilu 2019 untuk dapat membantu dalam penyelesaian setiap maslah yang muncul di Daerahnya masing - masing.

Arahan Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar kepada unsur TNI selalu komitmen dalam mewujudkan Pemilu yang Aman, Damai, Sejuk dan Lancar serta menghimbau kepada Komponen Tiga ( 3 ) Pilar untuk menghilangkan sifat Ego Sektoral masing - masing unsur dan selalu bangun dan tingkatkan sinergitas agar tetap Waspada terhadap ancaman yang dapat memecah belah Kesatuan dan Persatuan Bangsa dan selalu meningkatkan rasa Cinta Tanah Air agar mengantisipasi kebakaran lahan di Prov Riau yang selalu mengancam pada Musim Kemarau.

Arahan Gubernur yang disampaikan oleh Kepala BPBD Prov Riau, H Edwar Sanger mengapresiasi Inovasi kegiatan Apel Tiga Pilar yang dilakukan dalam mewujudkan pemilu yang aman dan kondusif mari Kita Jaga Riau Tanpa Asap serta mengucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjaga situasi Prov Riau tanpa asap.

Diakhir acara Pembacaan Do’a oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Inhu, laporan komandan apel, penghormatan pasukan, apel selesai, Pimpinan Apel berkenal meninggalkan Lapangan Apel pasukan di istirahatkan.

Setelah Pelaksanaaan Apel Tiga Pilar dilanjutkan dengan kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang dipimpin oleh Bupati Inhu, Bupati Inhil, Wakil Bupati Kuansing dan Wakil Bupati Pelalawan serta diikuti seluruh peserta Apel.

Dengan Yel Yel Kami Forkopimda, Penyelenggara Pemilu dan Seluruh Elemen Masyarakat Kab Inhu, Inhil, Kuansing dan Pelalawan sepakat dan bertekad untuk bersama - sama mewujudkan pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan kondusif dan bersama - sama membangun suasana yang penuh kedamaian, dengan senantiasa mengedepankan sikap saling menghargai dan menghormati, serta berupaya menghindari terjadinya Konflik dalam setiap tahapan agar Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan dapat memberikan hasil yang berkualitas.

Kita sepakat bersama - sama menegakkan 4 Pilar kebangsaan Yakni Menjaga Keutuhan NKRI, Menegakkan Pancasila, Menjunjung Tinggi Undang - Undang Dasar 1945 dan Menguatkan Semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Dilanjutkan Penandatanganan Deklarasi Pileg - Pilpres Damai 2109, Pencabutan Doorprize, Pemberian hadiah 30 Unit Sepeda kepada Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas oleh Kapolda dan Danrem 031 Wirabima.

Sekira Pukul 12.15 Wib, rombongan Kapolda Riau, meninggalkan lokasi pelaksanaan apel tiga ( 3 ) pilar menuju Mesjid Nurul Amal depan Kantor Bupati Pematang Reba. 

Selanjutnya sekira Pukul 14.00 Wib, Kapolda Riau beserta Rombongan berangkat dengan menggunakan Helikopter dari Bandara Japura Lirik menuju Pekanbaru, Selama rangkaian Kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif, Humas Polres Inhu Release.**