Gotoroyong, Ketua PP dan Kades Ujung Batu Timur Tambal Jalan Berlobang

Sabtu, 22 Desember 2018

Pengurus dan anggota PAC Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bersama Kades Ujung Batu Timur gotoroyong tampak jalan berlobang.

PELITARIAU, Rohul - Kenderaan yang melintas di persimpangan Siabu, Pasar Ujung Batu terpaksa mengurangi laju kecepatannya. Sebab waktu itu tengah dilakukan pengerjaan ruas jalan yang rusak, tapi bukan dari kontraktor, melainkan berasal dari pengurus dan anggota PAC Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dibawah terik matahari, Puluhan pria berpakaian warna oranye hitam bermotif loreng itu terlihat turun ke jalan bergotong royong, mulai dari membersihkan material batu yang berserakan, kemudian disiram dengan aspal dan diratakan dengan cara manual.

Ketua PAC PP Ujung Batu Jonidal Ujang menerangkan lokasi jalan rusak yang dilakukan penambalan mulai dari Simpang Siabu sampai depan Rumah Sakit Awal Bros Kelurahan Ujung Batu, dan ruas jalan Ngaso yang rusak.

"Aspal yang kita gunakan dibeli dari Pabrik Aspal UKL sebanyak 7 Ton, dan anggarannya sekitar 12 juta. Dana tersebut murni dari organisasi, tanpa mengutif proposal," kata Ujang Datuk biasa ia disapa kepada wartawan, Sabtu (22/12/2018).

Kegiatan sosial, kata Ujang Datuk terlaksana berawal dari rasa empati PAC PP Ujung Batu melihat banyak korban yang berjatuhan akibat jalan yang rusak di jalan protokol tersebut. "Kegiatan kami ini murni untuk menjaga keselamatan jiwa pengendara, sudah banyak yang jadi korban. Dan tidak lama lagi akan masuk tahun baru 2019, tentu arus lalu lintas akan meningkat, dan kita tidak ingin ada korban jiwa yang berjatuhan," jelasnya.

Ketika ditanya mengapa harus melaksanakan kegiatan yang merupakan tanggungjawab Pemerintah, dirinya mengaku tidak mempersoalkan hal itu, melainkan lebih kepada memikirkan keselamatan jiwa masyarakat. "Kami tidak salahkan pemerintah, mungkin pemerintah banyak kerja," ungkapnya.

Dia mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan khususnya PAC PP di kecamatan lainnya untuk ikut memberi sumbangsih kepada daerah dan masyarakat, salah satunya dengan kegiatan sosial. "Dan kepada generasi muda kami hendaknya mengikuti aturan ketika berkendara, dan bagi orang tua kami mohon jangan mengijinkan anaknya berkendara jika masih dibawah umur," ajak Ujang Datuk.

Pada kegiatan sosial tersebut tampak hadir juga Wakil Ketua PAC PP Ujung Batu Zesri Arlis, Sekretaris Ical Marabai, Bendahara Yogi Fitno, Ketua Ranting Kelurahan Ujung Batu Hamdi, Desa Ujung Batu Timur Branes Sitepu, Ngaso Richard, Pematang Tebih Samwil Oyong dan Desa Sukadamai Iskandar.

Kegiatan sosial oleh PAC PP Ujung Batu mendapat respon positif dari masyarakat salah satunya Asdinover sangat mengapresiasi kegiatan tambal jalan yang rusak. Melalui giat itu, membuktikan bahwa organisasi Pemuda Pancasila berguna bagi masyarakat banyak. 

"Ini akan merubah imej negatif masyarakat terhadap organisasi PP, sekarang bisa berdampak positif buat lingkungan masyarakat, apalagi sejak dipimpin Jonidal Ujang," kata Ketua Pemuda Desa Sukadamai itu. **Rahmat