Ratusan Pasangan Suku Talang Mamak Lakukan Nikah Massal

Ahad, 16 November 2014

Bupati Inhu Duduk Dipelaminan nikah massal suku Talang Mamak

PELITARIAU, Rengat -Sebanyak 109 pasangan yang berasal dari Desa Petonggan suku Talang Mamak dalam wilayah Kec. Rakit Kulim melaksanakan nikah massal. Kegiatan tersebut dilaksanakan, Sabtu (15/11) di halaman kantor Camat Rakit Kulim.

 

Ketua LK2S Kab. Inhu Hj. Juriah Sugianto menyampaikan bahwa berangkat dari keluhan serta keinginan masyarakat khususnya Talang Mamak yang belum atau sudah menikah secara adat. Namun belum tercatat secara sah menurut Undang-Undang.

 

“Maka dari itu, LK2S bekerja sama dengan BK3S, Kanwil Agama Prov. Riau serta Pemda Kab. Inhu, hari ini menggelar kegiatan nikah massal yang diikuti sebanyak 109 pasangan khususnya dari suku Talang Mamak,”jelas Juriah.

 

Ditambahkannya kegiatan nikah massal ini dianggap penting bagi kelangsungan hidup masyarakat khususnya suku Talang Mamak. Sehingga kedepannya diharapkan dengan kegiatan ini, menambah pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya legalitas suatu pernikahan.

 

Senada dengan apa yang disampaikan Hj. Juriah Sugianto, dalam kesempatan itu Ketua BK3S Prov. Riau Hj. Septina Primawati Rusli berharap dengan adanya kegiatan nikah massal ini, dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk bersemangat dan  terus berpikir maju dalam membangun desa dan keluar dari ketertinggalan.

 

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut Sekda Kab. Inhu Drs. H. R. Erisman sebagai perwakilan dari Bupati Inhu, sebelum membuka secara resmi kegiatan BK3S menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta yang hadir, para peserta nikah massal, sunat massal, pelayanan kesehatan, pembagian kaca mata baca bagi lansia  dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya.

 

Beliau juga berharap kedepannya, baik Pemda maupun Kecamatan dan Desa, dapat terus menjalin komunikasi serta kerja sama demi memajukan Indragiri Hulu menuju kehidupan yang sejahtera.

 

Selanjutnya, dalam kesempatan itu Ketua BK3S Prov. Riau Hj. Septina Primawati Rusli dengan didampingi Hj. Juriah Sugianto memberikan bantuan secara simbolis perlengkapan pengantin kepada para pasangan nikah massal. Sarung dan peci kepada peserta sunat massal dan kaca mata baca bagi para lansia.

 

Sedangkan  Kepala Kemenag Kab. Inhu H. Abdul Kadir sebagai perwakilan Kanwil Agama Riau juga menyerahkan bantuan Al-Qur’an dan Juz Ama kepada peserta nikah massal dan Desa se Kecamatan Rakit Kulim.

 

Hadir dalam acara pelantikan tersebut diantaranya Bupati Inhu beserta Muspida, DPRD Inhu, Sekda Inhu, Asisten, Kepala Dinas, kepala Badan, Kepala Kantor dilingkup Pemkab. Inhu. Camat, Kepala desa, tokoh pemuka masyarakat serta undangan lainnya. (cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad