Kori Pisoko Karamat Panjang, Sardiyono dan Darmizar Melayur Jalur di Koto Tuo Kopah

Selasa, 07 Agustus 2018

Angota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, Sardiyono

PELITARIAU, Kuansing - Keinganan masyarakat Desa Koto Tuo Kopah untuk memiliki jalur mini terujud, pada Senin (6/8/2018) malam, Koto Tuo Kopah menggelar ritual melayur jalur (membakar, membuat jalur, red) yang di beri nama "Kori Pisoko Karamat Panjang".

Ritual melayur jalur mini di Desa Koto Tuo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah, dihadiri aggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Sardiyono dan H Darmizar. Tampak hadir juga Ketua Koni Kuansing, Zulhendri dan rombongan lainnya.

Kepala desa (Kades) Koto Tuo Kopah, H Simanjar, mengucapkan terima kasih kepada undangan dan anggota DPRD Kuansing Sardiyono yang berkesempatan hadir melayur jalur.

"Alhamdulillah, keinginan masyarakat yang begitu kuat untuk memiliki jalur mini terujud, adanya jalur mini Kori Pisoko Karamat Panjang di Koto Tuo Kopah adalah hasil upaya keras yang dilakukan masyarakat," ujar Kades Simajar. 

Dalam pada itu, tokoh masyarakat kenegerian Kopah, H Darmizar, yang juga anggota DPRD Kuansing dari fraksi PPP,  mengapresiasi kegiatan masyarakat tersebut didesa Koto Tuo Kopah dalam memiliki jalur mini. "Saya mendukung kegiatan positif masyarakat Kenegerian Kopah, apalagi untuk jalur," ujarnya.

Ditengah berlangsungnya acara melayur jalur, dilakukan pengumpulan sumbangan diantaranya, H Darmizar memberikan bantuan Rp1juta untuk penyelesaian pembuatan jalur mini didesa Koto Tuo Kopah.

Selanjutnya Sardiyono memberikan bantuan Rp4 juta dan dari ketua Koni Kuansing Zulhendri Rp1 juta. 

Acara akhir dilanjutakan dengan penyuluhan api pertama oleh anggota DPRD Kuansing Sardiyono dan undangan. **Levis