Selama Tiga Hari Digelar Festival Batang Gansal Inhu

Kamis, 13 November 2014

Lomba Lempar Tombak Dalam Festival Batang Gansal Tahun lalu

PELITARIAU, Rengat – Selama tiga hari kedepan mulai Jumat (14/11) digelar kegiatan budaya festival Batang Gansal yang dipusatkan didesa Danau Langsat. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu bekerjasama dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

 

“Festival ini merupakan kegiatan tahunan dalam mengangkat budaya dan pariwisata lokal serta pelestarian alam,”ungkap  Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah didampingi Kasi Pengembangan objek Wisata Elia Nora.

 

Menurut Kadis dalam festival Batang Gansal ini ada kegiatan yang dilombakan yakni membuat kerajinan dalam bentuk souvenir khusus untuk perempuan, lomba silat tradisional untuk laki-laki, lomba musik gambus laki-laki dan perempuan, lomba rakit bambu oleh ibu-ibu, pacu sampan, lempar tombak, gasing untuk laki-laki.

 

Panitia juga menyiapkan lamba lainnya bagi masyarakat umum, seperti lomba sepeda gunung, lomba memancing dan fhotografi. 

 

“Untuk lomba sepeda gunung akan melintasi jalur sejumlah lokasi wisata alam air terjun dan  arung jeram di lokasi TNBT," jelasnya. (cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad