Harga Cabai Merah di Rohul Naik Drastis Capai Rp100 Ribu Perkilogram

Selasa, 11 November 2014

internet

PELITARIAU, Pasirpangaraian- Harga kebutuhan pokok dan sayuran di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus merangkak naik. Harga cabai merah naik drastis satu pekan terakhir, dari Rp30 ribu per kilogram (Kg) naik antara Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per kg.


Menurut Merry, pengusaha warung di Pasirpangaraian, bukan hanya harga cabai merah saja yang naik. Harga kebutuhan lain juga mulai mengikuti.

Seperti harga cabai rawit dari sebelumnya Rp20 ribu per kg, kini naik Rp60 ribu per kg. Begitu juga harga ayam potong dari Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu per kg.

"Pokoknya hampir semua kebutuhan naik saat ini," kata Merry kepada riauterkinicom, Selasa (11/11/14).

Merry mengungkapkan beberapa pedagang sayuran di Pasar Modern Pasirpangaraian mengakui jika kenaikan harga cabai merah disebabkan minimnya pasokan dari daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Ada juga pedagang yang mengaku, kenaikan harga sayuran karena sebentar lagi perayaan Natal dan Tahun Baru," jelas Merry.

Di lain tempat, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Penyuluhan dan Pertanian (BKP3) Rohul Asnibar didampingi pegawainya Tri Ismadi membenarkan jika kenaikan harga cabai disebabkan berkurangnya pasokan dari Sumut.

Anisbar mengatakan dalam upaya menanggulangi kenaikan harga kebutuhan pokok dan sayuran, perlu kerjasama dengan instansi teknis terkait lain.

BKP3 Rohul, diakui Anisbar, terus berupaya memperkuat dan melakukan pembinaan petani cabai. Pembinaan itu untuk mengantisipasi kekurangan pasokan dari luar daerah.

Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok dan sayuran, Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri juga menyempatkan diri turun ke Pasar Modern Pasirpangaraian, Selasa. Dia meminta kepada pedagang tidak asal menaikkan harga. Sebagaimana dilansir riauterkini.com.

 

Editor : Ramdana Yudha