Bersempena HPN Tembilahan Digelar LKJ Kelapa

Sabtu, 08 November 2014

Bupati Inhil Saat Menerima Kunjungan Ketua PWI Riau

PELITARIAU,Tembilahan- Lomba Karya Jurnalis (LKJ) sempena  peringatan HPN tahun 2015 di kabupaten Inhil mengambil tema tentang kelapa sebagai komoditi terbesar di kabupaten Inhil.

 

Hal tersebut terungkap saat Bupati Inhil H M Wardan mengadakan pertemuan dengan tim PWI provinsi Riau di ruang rapat kantor Bupati Tembilahan beberapa hari lalu.
 

"Saya sangat mendukung sekali ada perlombaan karya jurnalis dan saya sangat berharap bahwa tema yang akan di utamakan adalah tentang kelapa. Mengingat Inhil merupakan satu-satunya kabupaten yang ada di seluruh dunia dengan luas kebun kelapa terluas, sekitar 400 ribu hektare dan semua murni milik masyarakat dan hal tersebut bisa menjadikan icon tersendiri buat kabupaten Inhil" ugkap wardan
 

Menurut Bupati kelapa merupakan pohon kehidupan masyarakat Inhil. Terbukti dengan banyaknya masyarakat tembilahan yang bergantung terhadap kelapa.
 

"Sangat besar manfaat pohon kelapa bagi masyarakat dan saya  memperjuangkan komoditi ini dan menolak beberapa investor yang ingin mengembangkan perkebunan kelapa sawit di kabupaten Inhil. Dan saya juga pernah mengunjungi beberapa perusahaan yang jadi perusahaan pengelolaan kelapa, seperti PT ISK di Rumbai Jaya serta di Guntung, saya sangat terkagum dengan pegelolaan kelapa tersebut, dari batok kelapa sampai dengan akik dan isi kelapanya sendiri punya nilai jual yang cukup tinggi,"jelas Bupati.

 

Jadi nantinya dengan LKJ di acara HPN menurut Bupati diharapkam mampu mengembangkan kelapa sebagai komoditi yang patut di perhitungkan. “Harapan saya rekan-rekan wartawan yang nanti akan membuat karya tulis mampu mengkaji mamfaat kelapa dari hal terkecil sampai dengan yang terbesar."harap Wardan

 

Dalam kesempatan tersebut Ketua PWI Riau Dheni Kurnia  mengatakan akan membuat suatu perlombaan LKJ. Akan mengangkat soal komoditi yang menjadi ciri khas Tembilahan sebagai lokasi HPN.
 

"Kita mengetahui Inhil merupakan kabupaten penghasil kelapa, dan kita akan membuat perlombaan karya jurnalis tentang kelapa tersebut. Lomba akan mengikutsertakan seluruh insan wartawan yang ada di provinsi Riau, dengan memperebutkan hadiah biasanya sebesar 10 juta, dan itu sangat membantu Inhil jadi lebih terkenal dengan komoditi kelapa terbesar di seluruh Indonesia." Ungkap ketua PWI tersebut. (cr. tony)

 

Editorial: Rio Ahmad