Gelombang Hampir Mencapai Empat Meter,Bisa Menghancurkan Dua Desa Di Tebing Tinggi Barat

Sabtu, 13 Januari 2018

gelombang yang tinggi menghantam bibir pantai

PELITARIAU, Meranti - Dengan keadaan angin serta gelombang yang tinggi beberapa waktu belakangan ini membuat warga yang berada di sekitar perairan terasa cemas dan terancam, Hal ini terlihat seperi di Laut Desa Alai dan Mekong sabtu (13/1/18)

Sewaktu di pagi hari angin kencang yang membuat gelombang naik hingga 4 meter dan sudah merobohkan turap lebih kurang 50 meter.

Kepada awak media, Serka Junaidi, Babinsa Desa Alai mengakui kalau di saat pagi perairan Desa Mekong dan Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat gelombang cukup kuat bahkan bisa merobohkan turap beton untuk penangkal abrasi di sana.

"Turap yang sudah roboh hampir 50 meter, dan gelombang tadi pagi kata masyarakat di sini sudah mencapai 4 meter. Sangat perlu hati-hati di sini," kata Junaidi

Dijelaskan Junaidi, Tebing Desa Mekong dan Desa Alai memang terdapat turap.Namun jarak turap dengan pantai bawah memiliki ruang sehingga air laut bebas masuk dan menghantam tebing,akibat hempasan ombak ini pula, lebih dari 3 meter tebing di Desa Mekong dan Desa Alai telah runtuh.

"Kami selaku masyarakat Desa Alai dan Desa Mekong mengharapkan sekali Pemkab mencari solusi akan hal ini. Jangan sampai dua Desa ini hanya tinggal namanya saja, dan bagaimana nasib warga di perairan di sini," ujar Junaidi salah satu warga Desa Alai. **rls/adit