Dinsos Riau Terus Inventarisir Jumlah Gepeng

Rabu, 10 Januari 2018

Gepeng di Pekanbaru

PELITARIAU, Pekanbaru - Dinas Sosial Provinsi Riau terus menginventarisir jumlah gelandangan dan pengemis (gepeng) di Riau. 

Inventarisir ini dilakukan, karena gepeng masih berkeliaran di jalan jadi tugasnya kabupaten dan kota di Riau.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Darius Husein menerangkan, pihaknya terus melakukan pendataan. Dalam implementasinya, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Begitu juga dengan melakukan pembinaan sesuai mekanisme yang berlaku.Pasalnya, jumlah panti sosial yang tersedia saat ini masih tergolong minim.

"Saat ini diprediksi sekitar 135 panti sosial yang dikelola swasta di Riau. Sedangkan panti sosial reguler yang dikelola pemerintah hanya lima dan masih kurang. Jadi yang dibina itu yang benar-benar tidak punya siapa-siapa. Ya ada ekanismenya mereka ditertibkan lalu diserahkan ke kami baru dibina sesuai mekanisme yang ada," beber Darius kepada media, kemarin.

 Pasca diserahkan ke provinsi, katanya, para gepeng tersebut baru akan dibina di panti sosial yang reguler. Untuk panti sosial reguler yang dikelola sifatnya hanya sementara, berbeda dengan panti sosial yang dikelola oleh swasta. Sementara orang terlantar dan wilayahnya hanya urus orang terlantar yang sudah masuk ke panti reguler di Riau.**ulm