Gubri: Tak Terlepas dari Peran Pemerintah Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Selasa, 02 Januari 2018

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memimpin apel pagi perdana 2018 di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (02/01/2018).

PELITARIAU, Pekanbaru - Pembangunan di Riau semakin membaik. Hal ini tak terlepas dari peran pemerintah yang terus berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari pendidikan berkualitas, kesehatan melalui pelayanan-pelayanan rumah sakit. 

"Indikator pembangunan di Riau semakin membaik itu ekonomi, IPM, pertumbuhan PDBR juga membaik," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memimpin apel pagi perdana 2018 di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (02/01/2018).

Kemudian soal infrastruktur baik jalan dan jembatan, menurut Gubri yang akrab disapa Andi Rachman ini, terus diupayakan pemerataannya, baik itu antar kabupaten kota mau pun jalan yang menghubungkan antar provinsi tetangga.

"Gencarnya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Riau tersebut, semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas seperti ekonomi dan pertanian," terang Andi Rachman.

Selain itu, kata Gubri, kinerja pemerintah provinsi juga sudah lebih transparan dalam mengelola uang rakyat. Begitu juga soal kinerja, juga terus memperlihatkan peningkatan.

Meski begitu, kata Gubri, belum kunjung disahkannya RTRW menjadi faktor penghambat masuk investasi ke Riau. Triliunan dana investasi yang masih mengantri mestinya bisa mampu mensejahterakan masyarakat, melalui terbukanya lowongan pekerjaan dalam berbagai sektor.

"Ke depan angka kemiskinan di Riau terus bisa ditekan. Dan Pemerintah Provinsi Riau komit mengatasi kemiskinan dan pengangguran. OPD terkait diminta memberikan perhatian. RTRW belum kunjung disahkan, sehingga menyebabkan investasi terhambat masuk berdampak terbukanya lowongan kerja. Selain itu juga karena masih belum bergairahnya pertumbuhan ekonomi yang tak hanya dirasakan Riau, tetapi juga merata di Indonesia termasuk dunia," ujar Gubri seraya optimis Provinsi Riau nantinya akan semakin membaik. Tidak hanya dari sisi ekonomi, sumber daya manusianya. Tetapi berbagai aspek pendukung lainnya juga terus bergerak kearah perbaikan. **ulm