Harga Cabe Merah di Rohul Mengalami Kenaikan Rp60 Ribu Per Kg

Selasa, 04 November 2014

cabe Ilustrasi

PELITARIAU, Pasirpangaraian - Harga sejumlah kebutuhan pokok di tingkat pedagang pengecer dalam dua pekan ini masih stabil. Namun khusus untuk cabe, mengalami kenaikan dari harga Rp45 ribu per kg pekan lalu menjadi Rp60 ribu per kg.

 

Hal itu disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Rohul, M Ruslan di dampingi Kabid Ketahanan Pangan, Tri Ismadi, Senin (3/11/2014).

Dijelaskan, untuk stok kebutuhan pokok di Rohul hingga kini relatif stabil. Kondisi di pasaran juga masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Rohul karena itu masyarakat tidak perlu risau.

''Sejauh ini, kebutuhan pokok masih memadai di Rohul, tidak adanya kewaspadaan akan kebutuhan pokok. Di samping itu, hasil pendataan petugas kita di 16 pasar se-Rohul, kebutuhan pokok di tingkat pedagang pengecer masih aman dan terpenuhi,'' ucap Ruslan lagi.

Di tempat yang sama, Tri Ismadi juga mengemukakan terkait harga kebutuhan pokok, hanya cabe merah yang mengalami kenaikan. Sedangkan untuk daging sapi Rp110 ribu per kgnya, untuk daging ayam ras dari Rp25 ribu turun menjadi Rp18 ribu per kgnya. Ayam kampung, masih tetap stabil, pekan lalu harganya Rp50 ribu dan minggu ini masih bertahan.

''Untuk minyak goreng curah Rp11 ribu per liter dan masih stabil, termasuk minyak goreng non curah Rp14 ribu per liternya. Harga beras diantara Rp8000 hingga Rp9000 per kgnya,” ungkap Tri Ismadi.

Tri juga mengutarakan untuk sayur-mayur juga masih relatif stabil dan tidak mengalami kenaikan harga, begitu juga ikan laut antara Rp25 ribu hingga Rp35 ribu per kgnya. Untuk jenis ikan air tawar sendiri, harga terendah Rp23 ribu hingga Rp70 ribu per kgnya.

''Data tersebut up date rutin dari petugas di seluruh pasar di 16 kecamatan se-Rohul. Data itu bisa berubah setiap pekannya. Kita juga mensinkronkan data dari agen, pengecer termasuk para pedagang besar,'' pungkasnya. Sebagaiman dilansir goriau.com.

 

Editorial : Ramdana Yudha