650 Peserta TKQ-TPQ Kecamatan Rengat-Kuala Cenaku Diwisuda dan Dikhatamkan

Ahad, 20 Agustus 2017

Sebanyak 650 peserta TKQ-TPQ diwisuda dan dikhatamkan

PELITARIAU, Inhu - Sebanyak 650 peserta Taman Kanak-kanak Qur'an (TKQ) dan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) se-Kecamatan Rengat dan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) di Wisudakan dan khatam Qur'an, Ahad (20/8/2017) sekira pukul 08:00 di Gedung Dang Purnama Rengat.

Turut hadir Plt Sekda Inhu Ir Hendrizal MSI, Kasat Binmas Polres Inhu AKP H Arsyad, Anggota DPRD Kab Inhu Drs H Arif Ramli MPdi, Kemenag Inhu mewakili, Kodim 0302/Inhu mewakili para kepala Ustadz/Ustadzah TKQ-TPQ kecamatan Rengat dan Kuala Cenaku serta para orang tua peserta dan para tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan Wisuda tahun ini diikuti 650 peserta yang terdiri dari 437 peserta Wisuda dan 223 peserta Khatam Al-qur'an dengan jumlah 19 TKQ-TPQ terdiri dari 18 TKQ-TPQ kecamatan Rengat dan 1 TKQ-TPQ Kuala Cenaku. Kegiatan wisuda dan khatam kali ini sudah terselenggara ke 23 kalinya. 

Dalam kesempatan itu, Plt Sekda Inhu Ir Hendrizal MSi mengatakan selamat atas diwisudakan dan dikhatamkan anak anak TKQ dan TPQ sekecamatan Rengat dan Kuala Cenaku. Dirinya juga berharap agar anak anak berbakti kepada Orangtua, taat kepada sang Ilahi serta tidak luput mengerjakan kebaikan kebaikan sampai akhir hayat.

"Saya berjanji akan segera menyampaikan kegiatan wisuda ini ke bapak Bupati agar nanti kita akan menyelenggarakan kegiatan wisuda se-Kabupaten Inhu, karena di Inhu baru 3 kecamatan yang mengadakan wisuda yakni Rengat, Rengat Barat dan Kuala Cenaku," pungkas Plt Sekda Inhu.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara Wisuda, Erawati SKg mengatakan, 650 peserta dari TKQ-TPQ Rengat dan Kuala Cenaku terdiri dari 114 guru TKQ-TPQ, acara terselenggara berdasarkan sumber dana murni dari iuran orang tua santri wisuda dan khatam

Dikatakannya lagi, tujuan daripada wisuda dan khatam al-qur'an adalah untuk mensiarkan dakwah islam kepada masyarakat Inhu pada umumnya khususnya kecamatan Rengat dan Kuala cenaku.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada santri supaya gemar membaca, memahami, mempelajari dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari hari." ujar Erawati kepada Pelitariau.com.

Ditambahkannya, ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada santri Tamat IQRO jilid 6 dan sudah mengharamkan Al-qur'an 30 Juz dan juga dorongan kepada masyarakat khususnya orang tua untuk senantiasa menitipkan anak anaknya kepada TKQ-TPQ yang ada disekitar kediaman masing-masing. **ADR