Peringati HUT RI Ke 72 Kodim0302/Inhu Gelar Do'a Bersama Serentak Di Seluruh Kecamatan Inhu-Kuansing

Kamis, 17 Agustus 2017

doa bersama 171717 dalam rangka memperingati HUT RI 72 di Makodim 0302/Inhu yang dipimpin Kasdim Mayor Inf Budi Galih Sanjaya SH

PELITARIAU, Inhu - Komandan Distrik Militer (Kodim) 0302 Indragiri hulu (Inhu), secara serentak menggelar acara Muroojah/Do'a bersama 171717 umat beragama di seluruh Kecamatan se-Inhu. Acara do,a bersam jajaran Kodim 0302 Inhu bertemakan "1 Jam Baca Ayat Suci Yang Anda Hafal untuk Indonesia Lebih Kasih Sayang".

Makodim 0302 Inhu juga membawahi Kabupaten Kuantan Singing (Kuansing), untuk do,a bersama di Kabupaten Inhu dipimpin oleh Kepala staff kodim (Kasdim), Mayor Inf Budi Galih Sanjaya SH di Gedung Kartika Bhakti Kodim 0302 Inhu, Kamis (17/8/2017) sekira pukul 18:30 WIB.

Turut hadir juga Kasat Binmas Polres Inhu, AKP Arsyad,  Anggota DPRD, Arif Ramli, Tomas, Toga, Todat Kabupaten Inhu, dan masyarakat Kecamatan Rengat.

Semantara pada waktu bersamaan, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE, memimpin acara do'a bersama di Kabupaten Kuansing. Dalam acara rangkaian 1 jam do'a bersama di Kabupaten Inhu, pembukaan acara dipimpin Kasdim 0302 Inhu Mayor Inf Budi Galih Sanjaya SH.

Kasdim0302/Inhu Mayor Inf Budi Galih Sanjaya SH dalam sambutannya mengatakan, pengperingatan Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah mengkaruniai Bangsa Indonesia dengan kemerdekaan setelah melalui sebuah perjuangan yang sangat panjang dan tidak kenal lelah dengan mengorbankan jiwa dan raga. 

“Untuk itu, tidaklah berlebihan apabila peringatan kemerdekaan juga merupakan bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan, dengan diiringi doa, kiranya Tuhan Yang Maha Esa, menempatkan para kusuma Bangsa tersebut sebagai syuhada dengan penuh kemuliaan di sisi-Nya.,” ungkap Kasdim saat membacakan sambutan Kasad.

Kasdim 0302/Inhu menambahkan, Kasad juga mengingatkan tentang beberapa ancaram terhadap bangsa dan negara yang telah berkembang semakin komplek, baik ancaman militer maupun non militer, sepertiterorisme dan gerakan radikal kanan/kiri, maraknya anarkisme yang seringkali mengiringi penyampaian pendapat para buruh, pemuda dan 

mahasiswa, tawuran antar kelompok, penyalahgunaan Narkoba, serta penyebaran pornografi dan seks bebas serta ancaman informasi melalui media sosial yang dapat mempengaruhi situasi psikologis Bangsa Indonesia.

Kasad juga mengingatkan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI AD, bahwa salah satu jati diri kita adalah Tentara Nasional.Menghadapi ancaman yang semakin kompleks dan multidimensional, bagi TNI AD untuk kembali mengingat konsep yang menempatkan TNI AD sebagai stabilisator dan dinamisator kehidupan masyarakat.

“Para prajurit dan PNS TNI AD harus mampu tampil didepan untuk mengembalikan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang telah tersarikan dalam Pancasila, yaitu menghormati perbedaan, semangat untuk bersatu, rela berkorban dan pantang menyerah, kebersamaan dan gotong royong serta optimisme dan rasa percaya diri,” tutup Kasdim saat membacakan sambutan Kasad.

Hal senada juga di sampaikan Ketua MUI Kabupaten Inhu H Tengku Waha untuk tidak henti hentinya bersyukur kepada Allah SWT yang mana kita masih bisa diberikan nikmat dan kesehatan.

"Tak henti-hentinya kita mengucapkan syukur atas rahmat yang dilimpahkan kepada kita serta masih diberikan nikmat salah satunya memperingati hari jadi Republik Indonesia ini," ujar Ketua MUI Inhu.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran,do'a bersama dan dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah.

Adapun serangkaian acara do'a bersama 171717 yang dilaksanakan secara serentak dijajaran Kodim 0302/Inhu, yakni wilayah Rengat Gereja HKBP Pematang Reba dan Vihara Paramit, wilayah tengah Pesantren Sapaturrasul, Gereja GPIB Beringin Taluk dan Vihara Sriwijaya, wilayah Seberida Mesjid Al-Fallah dan Gereja GPDI, wilayah Pasir penyu Mesjid Khoirul Ummah dan Gereja GPDI Sekar Mawar, wilayah Peranap Mesjid Raudhatul Jannah.

Selanjutnya dibeberapa titik acara do'a bersama di Kabupaten Kuansing dilakukan diantaranya, wilayah Cerenti Mesjid Raudhatul Jannah, wilayah Hilir Mesjid Raya At-Taqwa, Pesantren Nurul Islam, dan wilayah Singingi Mesjid Al-Muhajirin. **ADR