Melihat Miniatur Masjid, Rebut Piala Bergilir Dalam Pawai Takbir Keliling

Sabtu, 24 Juni 2017

Miniatur Masjid an Mushola di Desa Pengalihan yang dianikan diatas mobil untuk diarak dalam pawai takbir keliling

PELITARIAU, Inhil - Allahu akbar allahu akbar allahu akbar walillaahil, takbir sersahut-sahutan keluar dari setiap miniatur Masjid, gema suara takbir dengan pengeras suara  dari 8 miniatur masjid melakukan takbir keliling dari desa pengalihan menuju desa Pancur hingga 8 KM sampai Desa Sencalang di Kabupaten Indragiri hilir (Inhil).

Takbir keliling yang dilakukan setiap tahun dengan peserta Masjid dan mushola memang sudah menjadi kebudayaan masyarakat Desa Pengalihan, dimana setiap jamaah masing-masing masjid mengikuti pawai keliling. Takbir keliling selain menggunakan kendaraan roda empat, ratusan sepeda motor memeriahkan kompoi takbir keliling.

Takbir keliling perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017 didesa Pengalihan juga merebutkan piala bergilir, pada perayaan Idul Fitri 1437 H tahun 2016 lalau, juara umum dalam kegiatan takbir keliling dengan menampilkan minatur Masjid dan mushola diraih oleh Masjid Muslihin dari parit II, dengan prediket juara umum.

"Beginilah ramai setiap tahunya, semua masyarakat jamaah dari masjid dan mushola yang ada di Pengalihan ini keluar semua," ujar Jonika (32) salah satu warga Desa Pengalihan yang ikut menyaksikan pawai takbir.

Pada malam perayaan Idul Fitri 1438 H tahun 2017 Sabtu (24/6/2017) malam, bukan hanya desa Pengalihan yang rutin melaksanakan pawai takbir keliling dengan membawa miniatur masjid yang dihiasi, namun Desa Pancur, Desa Sencalang serta Desa Petalongan di Kecamatan Keritang juga melaksanakan pawai takbir keliling. **zulpen