Kapolres Inhu Ingatkan Masyarakat, "Waspada Kejahatan Dilingkungan Anda Selama Bulan Ramadhan"

Selasa, 30 Mei 2017

Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari SIK MH

PELITARIAU, Inhu - Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari SIK MH menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu), untuk selalu meningkatkan kewaspadaan serta memperhatikan kondisi dan situasi lingkungan aktifitas guna menghindari kejahatan-kejahatan yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat.
 
Berbinccang dengan pelitariau.com Senin malam (29/5/2017) malam, Kapolres Arif Bastari menjelaskan, kalau memasuki Bulan Suci Ramadhan hingga menjelang perayaan Idul Fitri, sudah menjadi suatu tradisi atau kebiasaan tindakan kejahatan meningkat, yang mana didalam kondisi dan situasi tertentu terdapat pelaku kejahatan mendapat ruang dan celah-celah untuk melakukan tindak kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan seperti perampokan dan pencurian rumah kosong.
 
"Jangan berikan kesempatan mereka untuk berbuat kejahatan, saat meninggalkan rumah hendaknya memperhatikan keamanan seperti, memastikan pintu sudah terkunci, memastikan api kompor sudah dipadamkan dan antisipasi lainnya," ujar Kapolres yang murah senyum ini.
 
berdasarkan catatan dikepolisian, diakuinya kalau tingkat kejahatan di bulan suci Ramadhan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, seperti sudah menjadi kebiasaan bagi segelintir orang untuk melakukan tindakan kejahatan seperti pencurian dengan Kekerasan maupun tindakan kejahatan lainnya.
 
Orang yang dikenal ramah ini mengatakan, tindak Kejahatan sungguh  sangat mudah terjadi dikarenakan masyarakat juga kurang berhati-hati dalam aktifitasnya, contohnya saja masih ada masyarakat yang membawa harta bendanya namun dengan keamanan yang kurang menjamin, membawa perhiasan berlebihan dengan mencolok.
 
"Seperti saat saat bulan ramadhan ini, banyak masyarakat hendak pergi kemesjid untuk menunaikan sholat terawih secara berjamaah, namun disitu pula sebagian masyarakat lupa akan keamanan terutama pada rumah rumah mereka, seperti lupa mengunci pintu, meninggalkan benda benda berharga yang keadaan keamanannya kurang dijaga, disitu lah timbul kesempatan bagi orang untuk melakukan tindakan kejahatan." jelas Kapolres Inhu.
 
Untuk itu, Orang berpangkat dua melati ini mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan keamanannya, jika tidak begitu maka tingkat kriminalitas akan terus meraja lela, dan juga kejahatan ini tidak pandang waktu dan tempat. Pada tingkat desa, Keades bisa berkordinasi dengan Bhabinkantibmas untuk mengaktifkan poskamling dengan sistim roda bergantian.
 
"Kalau saya situasi kan, kejahatan yang sering terjadi modelnya tidak pandang bulu, artinya dimana saja ada kesempatan disitu pula tindak kriminalitas terjadi, maka dari itu kita ajak masyarakat untuk tingkatkan keamanan serta tetap waspada dalam kondisi apapun." ajak Arif Bastari. **Andri Subakti