Minta Kesejahtraan, 80 Orang Buruh Danau Rambai Ikuti May Dai di RTH Rengat

Senin, 01 Mei 2017

Pengurs PUK SPSI-SPTI Desa Danaurambai berfito bersama dengan sekretaris umum fotum lintas Serikat Pekerja-Serikat Buruh Kabupaten Inhu Ir Hermanto (kacamata putih tengah)

PELITARIAU, Inhu - Sedikitnya ada 80 puluh orang buruh dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia-Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPSI-SPTI) Pimpinan Unit Kerja (PUK) Desa Danaurambai Kecamatan Batanggansal yang hadir dalam peringatan hari buruh sedunia Senin (1/5/2017) May Day . Puluhan buruh asal Kecamatan Batanggansal tersebut bergabung bersama ribuan buruh se-Inhu dalam menyampaikan aspirasi soal kesejahtraan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) buruh.
 
Ketua PUK SPSI-SPTI Desa Danaurambai, Syaiful berbincang dengan pelitariau.com saat tiba di lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat menjelaskan, kalau dirinya bersama 80 orang buruh asal Desa Batanggansal mengikuti perayaan May Day di RTH Rengat. "Kehadiran kami untuk mendengarkan langsung sikap pemerintah daerah dalam bidang perlindungan tenega kerja dan peningkatan SDM buruh dan keluarga buruh dari perusahaan," kata Syaiful Senin (1/5/2017) di RTH Rengat.
 
Sesuai hasil kordinasi PUK SPSI-SPTI Desa Danaurambai dengan DPC SPSI-SPTI kata Syaiful, perayaan May Day yang dilakukan di RTH Rengat adalah untuk mendengarkan dan menyaksikan serta melihat komitmen pemerintah terhadap kepedulian buruh di Inhu. "Kalau kita laihat tadi, terlihat keseriusan pemerintah dalam memperhatikan tenega kerja yang ada di Inhu, itu disampakan langsung oleh Bupati Inhu Yopi Arianto," kata Syaiful.
 
Perayaan May Day peringatan hari buruh sedunia kata Syaiful, hendaknya bisa diambil hikmah oleh semua kalangan, bukan hanya dari pekerja namun juga dari pihak perusahaan yang mempekerjakan buruh. "Memang sudah sepatutnya seorang buruh yang memiliki anak mendapat biaya pendidikan dari tempatnya bekerja, bisa saja dalam bentuk beasiswa prestasi atau beasiswa kurang mampu," harap Syaiful.
 
Tuntutan biasiswa dari perusahaan untuk masyarakat sekitar perusahaan, sesuai dengan rencana perayaan May Day 2017 yang digagas oleh Forum Lintas-Serikat Pekerja-Serikat Buruh (FL-SP-SB) Kabupaten Inhu yang diketuai Mukshon BBA.
 
Dalam puncak May Day tersebut, selain acara pengukuhan (FL-SP-SB) yang di ketuai Mukshon BBA dengan sekretaris Ir Hermanto, para buruh juga mengikuti bakti sosial donor darah dalam puncak May Day tersebut.
 
"Sudah kewajiban setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja memperhatikan kesejahtraannya, serta perusahaan tersebut menyalurkan beasiswa kepada anak-anak buruh pekerja yang masih bersekolah, ini tujuannya untuk peningkatan SDM keluarga buruh," kata ketua Forum Lintas SP-SB Kabupaten Inhu, Mukshon BBA, berbincang dengan pelitariau.com dalam hari puncak May Day di Inhu. **Ram/tim