Sampaikan Aspirasi Buruh di RTH Rengat, Mukshon Kumpulkan 4500 Buruh

Ahad, 30 April 2017

Ketua Forum Lintas-Serikat Pekerja-Serikat Buruh (FL-SP-SB) Kabupaten Inhu Mukshon BBA

PELITARIAU, Inhu - Peringatan hari buruh sedunia bertepatan 1 mai 2017 (May Day) di Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, Forum Lintas-Serikat Pekerja-Serikat Buruh (FL-SP-SB) Kabupaten Inhu yang diketuai Mukshon BBA, mengelar pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Inhu. Dalam pertemuan Mukshon dijadwalkan menghadirkan 4500 buruh se-Kabupaten Inhu, pertemuan digelar Senin (1/5/2017) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat.
 
Dari jumlah 4500 masa buruh tersebut, terdiri dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia-Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPSI-SPTI) 1500 buruh, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia-Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (SPSI-SP3) 1200 buruh, hukatan Serikat Buruh Sejahtra Indonesia (SBSI) dengan 1300 buruh dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI-1992) dengan mendatangkan 1000 orang buruh.
 
Dalam puncak May Day tersebut, selain acara pengukuhan (FL-SP-SB) yang di ketuai Mukshon BBA dengan sekretaris Ir Hermanto, para buruh juga akan menggelar bakti sosial donor darah dalam puncak May Day, serta penyampan aspirasi buruh tentang kesejahtraan buruh dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) anak buruh.
 
"Sudah kewajiban setuap perusahaan yang mempekerjakan buruh untuk memperhatikan kesejahyraannya, serta perusahaan tersebut menyalurkan beasiswa kepada anak-anak buruh mereka, ini tujuannya untuk peningkatan SDM keluarga buruh," kata ketua Forum Lintas SP-SB Kabupaten Inhu, Mukshon BB kepada pelitariau.com Minggu (30/4/2017) di RTH Rengat.
 
Sesuai rencana, dalam pertemuan segitiga antara buruh dengan eksekutif dan legislatif, organisasi yang menaungi para buruh di Kabupaten Inhu, para buruh akan membuat kesepakatan dan petisi tentang permohonan kepada pemerintah, permohonan itu tentang perusahaan yang mempekerjakan buruh tanpa mengacu pada aturan dan perundang-undangan untuk ditindak tegas.
 
"Pemerintah harus menghentikan oprasional perusahaan yang mempekerjakan buruh dengan sistim dan pola kerja paksa, seluruh karyawan harus bernaung dibawah organisasi buruh, ini untuk melindungi hak-haknya," ujar Mukshon.
 
Dalam acara puncak May Day Kabupaten Inhu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE dijadwalkan akan hadir secara langsung bersama Kapolres Inhu dan Dandim 0302 Inhu. Sejumlah lokasi di Rengat terlihat sudah dilakukan pengamanan dan lokasi acara di RTH Rengat sudah tampak steril, sejumlah tenta dan baliho tampak sudah terpasang dalam menyambut 4500 buruh tersebut. **Ram/tim