Korban Perkelahian di Ujungbatu, IKBR Rohul Berikan Bantuan Tunai Pada Keluarga Andre dan Joni

Kamis, 20 April 2017

Ketua IKBR Rohul Anturi Sianturi Baju kotak-kotak

PELITARIAU, Rohul- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR) Kabupaten Rokan hulu (Rohul) Provinsi Riau, bersama sejumlah masyarakat Batak Kecamatan Ujungbatu, Senin (17/04/2017) Pukul 09.00 WIB, serahkan sumbangan sosial berupa uang kepada keluarga almarhum Andre alias Ujang Tato dan Joni (abang adik kandung), di rumah keluarga almarhum Dusun Sukadamai, Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu.
 
Tampak Anggota DPRD Rohul H Hilip, H Darwin, Kapolsek Ujungbatu Kompol Kari Amsah Ritonga SH SIK, Danramil Kapten (Infantri) Sulaiman, Plt Camat Ujungbatu Fisman Hendri SHut, Orangtua Keluarga dan abang kandung, serta keluarga kedua almarhum didampingi Tokoh masyarakat adat.
 
Sementara dari DPD IKBR Rohul turut dihadiri Ketua Anturi Sianturi, Sekretaris James Sitomorang, para pengurus dan pemuda-pemudi IKBR, Tokoh masyarakat batak Ujungbatu J Limbong, S Marbun, BM Nainggolan yang sebelumnya pada Jumat (14/04/2017) malam, telah dilangsungkan pertemuan di kediaman Teddy Mirza Dal Fraksi PAN untuk membahas bantuan tersebut.
 
Anturi mengatakan, IKBR salah satu wadah masyarakat batak yang ada di Rohul, bersama para pemuda masyarakat batak Ujungbatu, telah bersepakat memberikan sumbangan sosial kepada keluarga kedua almarhum. Tujuannya, supaya hubungan antar suku nantinya tetap harmonis dan Kamtibmas senantiasa tetap terpelihara khususnya di Ujungbatu.
 
"Jadi bukan mengintervensi penegakan hukum, proses hukum tetap harus dijunjung tinggi. Untuk itu, kita sudah mengadakan pendekatan-pendekatan kepada semua tokoh, paguyuban, agar semua menahan diri dan tidak terprovokasi", ucap Anturi.
 
Mantan Staff dari PTPN V itu menerangkan, terkait jumlah bantuan yang diserahkan tidak perlu disebutkan, sebab segala kemampuan sudah diupayakan untuk menghimpun uang sumbangan, yang bersumber dari anggota IKBR DPC Ujungbatu, DPC Kunto Darussalam, dan sejumlah masyarakat batak Ujungbatu lainnya meliputi anggota STM Gang Horas, Jalan Durian, Jalan Jelutung, Ngaso, juga dari tokoh masyarakat lainnya.
 
"Tidak perlu disebutkan, diperkirakan dana tersebut sudah bisa menanggulangi biaya perobatan almarhum Joni, yang sempat dirawat beberapa hari di Rumah Sakit Pekanbaru", ujar Anturi yang dilantik pada bulan Desember 2016 lalu.
 
Parsinabung marga Simatupang Ujungbatu itu menambahkan bahwa, terkait hal itu, tanggapan dari pihak keluarga sangat baik dan harapan mereka kiranya tidak ada yang terprovokasi. Diharapkannya, kedepan peristiwa tersebut akan memperkuat hubungan silaturahmi dan semakin harmonis.
 
"Pesan dan harapan kepada anggota IKBR dan pemuda masyarakat batak Kabupaten Rohul umumnya dan Kecamatan Ujungbatu khususnya, agar jangan cepat terpancing dan terprovokasi pada setiap peristiwa, secara khusus peristiwa yang baru terjadi pada malam kamis yang lalu, sehingga hubungan antar sesama masyarakat di Kabupaten Rohul yang heterogen ini tetap harmonis", Tambahnya.
 
Seperti yang sudah diberitakan pada sejumlah media, akibat peristiwa perkelahian dua kelompok pemuda warga Kecamatan Ujungbatu, pada Rabu (12/04/2017) sekira pukul 23.30 WIB, di Dusun Lintam, Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.
 
Disamping itu, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK SH melalui Kasat Reskrim AKP M Wirawan Novianto SIK menyebutkan, tujuh dari delapan orang yang telah diamankan pasca peristiwa, ditetapkan sebagai tersangka, yakni DFP, PRS, FMSM, RS, HS, SP dan AS. Sedangkan terhadap FS ditetapkan sebagai saksi (kedelapan orang tersebut adalah anggota IKBR DPC Ujungbatu). **DRA