Polres Buat MoU, Respon Cepat Penanganan Korban Lakalantas

Selasa, 18 April 2017

Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni Sik menandatangani MoU penanganan cepat korban Lakalantas di wilayah Inhu

PELITARIAU, Inhu - Kapolres Indragiri hulu (Inhu) Riau bersama kepala jasa raharja Riau, beserta dua pimpinan rumah sakit, masing-masing RSUD Indrasari dan Rumah Sakit kasih Ibu, telah menanda tangani nota kesepahaman bersama Momerendum of Understanding (MoU) Senin (17/4/2017) kemarin dimapolres Inhu.
 
Tujuan MoU tersebut dilakukan untuk mempercepat penanganan perawatan korban, pasca mengalami kecelakaan lalulintas. Kedua rumah sakit yang disebut melayani kemudahan pembayaran klaim asuransi oleh pihak jasa raharja sesuai dengan laporan Polisi yang dikeluarkan oleh Pihak kepolisian.
 
Kapolres Inhu AKBP Abbas Basuni SIK kepada Pelitariau.com menjelaskan, setiap terjadinya kecelakaan lalu lintas, korban dapat langsung dibawa rumah sakit untuk diberi pertolongan dan perawatan adapun biaya yang timbul awal ataupun selama masa perawatan bisa dikordinasikan pihak Rumah Sakit dengan pihak jasa raharja, beberapa pilar tersebut akan menanggulangi lansung pebiayaan tanpa perlu membebani korban atupun keluarga yang bersangkutan.
 
Acara penandatanganan MoU, sebelumnya diawali dengan pelaksanaan upacara bulanan rutin Polres Inhu yang diikuti seluruh personil Polres Inhu dalam sambutan nya Kapolres. Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan bahwa Mou bersama jasa raharja Prov Riau. "Ini merupakan yang pertama kali dilakukan ditingkat Polda Riau, sebagai salah satu terobos menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi," tutur Abbas
 
Dengan melihat data lalu lintas pada tahun 2016 mencapai hingga 210 kejadian dengan identitas korban meninggal dunia sebanyak 58 orang, korban luka berat dan ringan sebanyak 356 orang serta kerugian materil mencapai 1 Milyarlebih, selayaknya menjadi atensi bersam.
 
Orang nomor satu dikepolisian Inhu itu berharap, kedepan melalui penanda tanganan  MuU dengan jasaraharja dan pihak rumah sakit bisa dilakukan percepatan penanganan. "Perawatan korban kecelakaan lalulintas dapat terealisasi dengan baik sehingga kita dapat mencegah semakin memburuknya kondisi korban yang akhirnya bermuara pada kematian," harapnya.
 
Rangkaian acara penandatanganan Mou diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada AKBP Abbas Basuni SIK dan pimpinan dua rumah sakit menandatangani Mou, penyerahan secara simbolis Traffic Cona serta Tali Asih kepada salh satu istri korban kecelakaan lalu lintas oleh bapak. Nanok Boedi Tjahjono, SE kepala cabang jasa Raharja PROV Riau serta melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis peserta yang hadir dalam dihalam mapolres Inhu. **Yasin