Bupati Meranti Akan Hibahkan Enam Unit Kempang Untuk Kenyamanan Penyeberangan

Selasa, 28 Oktober 2014

Kempang Yang Akan Dihibahkan Bupati Meranti

PELITARIAU, Selatpanjang-Bupati Kepulauan Meranti akan menghibahkan enam unit kempang di tiga titik lokasi penyeberangan yang ada di daerah kepulauan ini. Hibah alat transportasi air kepada masyarakat itu, bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan seluruh masyarakat pengguna jasa penyeberangan.


Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kepulauan Meranti, Hariadi SST MT, kepada wartawan, di Selatpanjang, Selasa (28/10). Dikatakannya, penyerahan alat transportasi itu nantinya dilakukan setelah penanda-tanganan SK hibah oleh Bupati, Drs H Irwan MSi.

"Enam unit alat transportasi penyeberangan antar pulau itu sudah selesai dibuat oleh rekanan melalui kegiatan APBD murni Tahun 2014, namun masih dalam proses uji kelayakan jalan oleh petugas Dishub di lapangan. Sebelum nantinya di hibahkan melalui SK Bupati kepada Pemerintah Desa," ungkap Hariadi.

Ia menjelaskan, fasilitas transportasi penyeberangan itu juga dilengkapi perlengkapan standar keselamatan penumpang. Para pengelola yang nantinya dipercaya Pemerintah Desa mengoperasikan kempang tersebut, diwajibkan untuk mematuhi aturan standar kenyamanan dan keselamatan masyarakat pengguna jasa.

Setelah nantinya dihibahkan oleh Bupati, Kadis mengharapkan agar fasilitas ini terus dirawat dan dikelola dengan baik oleh pihak yang dipercaya Pemerintah Desa. Baik itu kelompok masyarakat atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dishubkominfo juga akan mengawasi pengoperasian kempang itu.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalulintas dan Kepelabuhanan pada Dishubkominfo Kepulauan Meranti, M Saleh, yang juga PPTK pengadaan alat transportasi itu menjelaskan, pada Tahun Anggaran 2014 ini ada tiga paket pekerjaan pengadaan yang masing-masing paket itu berjumlah dua unit kempang.

"Tahun ini ada tiga paket pekerjaan, masing-masing untuk pengadaan dua unit kempang di tiga titik lokasi penyeberangan, yakni di penyeberangan semulut dan sedulur sungai suir, penyeberangan pelabuhan camat tebingtinggi dan beting, juga penyeberangan kampung balak dan meranti bunting," rinci M Saleh. (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad