Nama Calon Menteri Bukan Rahasia Negara

Sabtu, 25 Oktober 2014

ilustrasi

PELITARIAU, Jakarta- Koordinator Bidang Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Yuntho, menilai nama-nama calon menteri bukanlah rahasia negara. Seharusnya, Presiden Joko Widodo mempublikasikan nama-nama tersebut ke masyarakat.

 

"Apanya yang rahasia? Menurut saya seharusnya dibocorkan sejak awal. Bahkan, sebelum sampai ke KPK seharusnya sudah di bocorkan," kata Emerson di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

 

Emerson menganggap masyarakat juga memiliki peran dalam menentukan calon menteri sehingga nama-nama tersebut tidak harus disembunyikan.

 

"Kenapa harus dibocorkan, supaya publik juga bisa kasih masukan soal rekam jejak dari calon-calon tersebut," jelasnya.

 

Emerson heran dengan pernyataan beberapa pihak yang menyatakan nama calon menteri merupakan rahasia negara. Menurutnya jika proses pemilihan menteri tertutup maka akan memunculkan kecurigaan bagi publik.

 

"Ini agak aneh kalau ini dibilang rahasia. Justru kalau proses penjaringan menteri itu tertutup maka kecurigaan publik akan muncul," tutur Emerson.

 

Sebelumnya, eks Deputi Tim Transisi Hasto Kristiyanto menyampaikan kekesalannya atas bocornya nama calon menteri yang dinilai bermasalah oleh KPK dan PPATK. Ia menilai hal itu seharusnya menjadi rahasia negara dan tidak masuk ke ranah publik sebagaimana dilansir okezone.

 

Editorial: Rio Ahmad