Ibu Hamil Wajib Hindari Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan

Rabu, 11 Januari 2017

internet

PELITARIAU.com- Seorang ibu hamil diminta untuk menjauhi makanan yang mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet seperti kue dan semua jenis minuman kemasan. Karena Anda mengonsumsi berlebihan, bisa melahirkan bayi dengan barat badan lebih, bahkan saat tumbuh menjadi anak-anak, mereka berisiko obesitas.

Dalam laporan yang dipublikasikan di JAMA Pediatrics, para peneliti yang dipimpin oleh Meghan Azad, Asisten Profesor Kesehatan Anak dari University of Manitoba di Kanada, mempelajari lebih dari 3.000 wanita hamil dan bayi mereka.

Setiap ibu hamil menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka makan, serat kondisi bayi mereka selama satu tahun setelah kelahiran. Ibu yang melaporkan mengonsumsi pemanis buatan seperti gula Equal (aspartam), Splenda (sucralose) dan Sweet'n Low (sakarin) yang terkandung dalam minuman kemasan, dua kali lipat lebih mungkin anaknya mengalami obesitas setelah usia satu tahun.

"Pemanis buatan banyak menipu orang-orang. Efeknya bisa memengaruhi bakteri baik yang hidup dalam tubuh kita," kata Kristina Rother, Kepala Bagian Diabetes dan Metabolisme dari National Institute of Diabetes.

Tidak hanya itu, orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak pemanis buatan cenderung mengalami lonjakan kadar gula darah penyebab diabetes. Dal hal ini, ibu hamil rentan menderita diabetes gestasional yang mengganggu kehamilannya.

Maka, batasi asupan makanan manis seperti menghindari kue kering, cake, roti selai, pudding, minuman kemasan, dan produk camilan manis lainnya. Karena pada dasarnya, makanan serba manis dalam jangka panjang dapat mengganggu metabolisme tubuh setiap orang, seperti diberitakan okezone, Rabu 11-01-2017.***Ram