Double Winners Dari Pemkab. Inhu Untuk Pasir Penyu

Kamis, 23 Oktober 2014

Ujang Sudrajat

PELITARIAU, Rengat- Tahun 2015 ini merupakan berkah tersendiri bagi Kecamatan Pasir Penyu. Pasalnya dua penghargaan ataupun double winners bergengsi diraih Kecamatan ini.

 

Penghargaan pertama di terima oleh Camat Pasir Penyu Moh. Solkan setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam lomba Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) tingkat Kab. Inhu.

 

Penghargaan kedua kali ini diserahkan oleh Pemkab. Inhu Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pasir Penyu, Syafrudin Mpd. Penghargaan tersebut diberikan  sebagai Kepala UPTD Pendidikan terbaik se Kabupaten Inhu.

 

“Evaluasi terhadap kinerja dan program yang dilakukan UPTD se Kabupaten Inhu sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Inhu sejak tahun 2013 lalu. Sedangkan untuk pengumuman dan penyerahan penghargaan baru disampaikan kepada pemenang pada pekan kemaren,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Inhu H Ujang Sudrajat SP Msi, Kamis (23/10).

 

Menurutnya, evaluasi yang dilakukan terdahap para UPTD tidak terfokus kepada pindidikan semata. Bahkan evaluasi itu dilakukan terhadap sejumlah program yang telah dan yang akan dilakukan UPTD.

 

UPTD Pasir Penyu ditetapkan terbaik se Kabupaten Inhu kerena telah menerapkan berbagai program di luar pendidikan seperti menerapkan program satu pohon satu guru (Saposagu) dan satu pohon satu siswa (Saposasi). Begitu juga dengan program yang diterapkan di Kantor UPTD yakni satu pohon satu pegawai (Saposape).

 

Diluar program itu sambung Ujang, UPTD Pasir Penyu dapat menciptakan pin khusus kurikulum 2013. Dimana setiap guru di Kecamatan Pasir Penyu memakai pin (K13) sebagai bentuk komitmen merapkan kurikulum 2013. “Di Riau, hanya guru di Kecamatan Pasir Penyu yang memakai pin K13,” ungkapnya.

 

Ditempat terpisah, Kepala UPTD Pasir Penyu Syafrudin Mpd mengatakan, merasa bersyukur dengan penetapan dirinya sebagai UPTD tersebaik se Inhu.

 

“Saya baru tahu setelah ditelpon pegawai Disdik tentang hasil evaluasi ini. Penghargaan dari Pemkab ini sangat memotivasi saya untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

 

Untuk itu harapnya, dengan adanya penilaian ini secara rutin oleh Pemkab Inhu, hendaknya dapat menjadikan Kabupaten Inhu sebagai ikon pendidikan di Riau.

 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pengawas, kepala sekolah dan guru serta pegawai yang ada, telah dapat bekerjsama hingga menjadikan Kecamatan Pasir Penyu terpilih menjadi yang terbaik tahun ini,” terangnya. (cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad