Bupati Irwan: Paling Lambat Februari Semua Kegiatan Dari Dana APBN Dapat di Jalankan

Jumat, 06 Januari 2017

Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir

 

PELITARIAU, Meranti- Organisasi Perangkat Daerah Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti sudah di bentuk dan sudah di kukuhkan awal Januari 2017.

Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Nasir Msi saat di konfirmasi awak media usai pengukuhan pejabat eselon III dan IV Kamis (5/1/17) lalu mengingatkan kembali tugas yang harus digesa dalam waktu dekat ini.

Dikatakan Bupati yakni, pengusulan pengguna anggaran (PA), KPA, Bendahara dan PPTK dapat segera dituntaskan. Yang akan ditindak lanjuti dengan penyerahan DIPA dan proses pelaksanaan kegiatan 2017 yang telah disahkan.

Bupati Irwan juga mengingatkan situasi keuangan Pemda Meranti cukup sulit, secara nominal berjumlah 1.2 Triliun dan sebagian besar angka itu berasal dari APBN yang pencairan alokasi anggarannya berbasis realisasi kegiatan. 

Untuk itu agar alokasi anggaran APBN maupun APBD Provinsi terserap maksimal Bupati meminta seluruh kegiatan dapat dituntaskan sebelum berakhirnya batas waktu. 

Dijelaskan Bupati, Tahun 2016 lalu realisasi alokasi dana APBN di Kabupaten Meranti hanya mencapai 55 persen, hal itu disebabkan karena Kabupaten Meranti dinilai oleh pihak Kementerian Keuangan termasuk cukup lambat menyampaikan laporan realisasi kegiatan. 

"Jika laporan realisasi keuangan lambat sesuai kaca mata perspektif Kementerian Keuangan maka mereka tidak akan merealisasikan anggaran yang tersisa," jelas Bupati. 

Untuk mengantisipasinya, Bupati meminta paling lambat February semua kegiatan dari dana APBN dapat dijalankan sehingga pada akhir tahun sudah selesai, dan Kementerian Keuangan tidak punya alasan untuk tidak mencairkannya.

"Kita inginkan semua anggaran yang sudah dialokasikan dapat diserap secara maksimal, jika tidak maka akan berdampak pada pelayanan masyarakat yang tidak maksimal pula, karena semua sangat tergantung pada realisasi anggaran tersbeut," ucap Bupati.

Agar semuanya berjalan sesuai harapan, Bupati meminta Bagian Administrasi Pembangunan dapat melakukan pendampingan secara intensif, untuk memantau realisasi serapan anggaran di tiap SKPD. 

Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan dan Pertanian Makmun Murod dan Julian Norwis yang pada tahun 2016 lalu berhasil melakukan realisasi anggaran paling tinggi. Ia juga menyarankan SKPD lainnya dapat berkoordinasi dalam rangka berbagi pengalaman sehingga dapat meraih sukses serupa.***ek