Wabup Meranti: Humas Sebagai Corong Pemda dan Rekan Pers Sebagai Mitra Penyaluran Informasi

Sabtu, 31 Desember 2016

Wabup Meranti: Humas Sebagai Corong Pemda dan Rekan Pers Sebagai Mitra Penyaluran Informasi

PELITARIAU, Meranti- Pemerintah Kabupaten Meranti dalam hal ini Bagian Humas Sekdakab. Meranti menggelar Coffee Morning bersama insan Pers baik cetak maupun elektronik Se-Kabupaten Meranti, kegiatan Coffee morning juga dikemas dengan Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang melibatkan seluruh Kepala SKPD Pemkab. Meranti, acara Silahturahmi sekaligus penyatuan persepsi terkait penyediaan informasi bagi rekan media dan pihak lainnya itu dipusatkan di Aula Kantor Bupati, Selatpanjang, Jum'at (30/12/16).

 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati H. Said Hasyim yang membuka kegiatan berharap, dapat mempererat silahturahmi dan kerjasama antara Pemda dan insan Pers, sebagai rekanan penyebarluasan informasi Pemda ke maayarakat. Dikatakan Wabup, Pemkab. Meranti sangat menyadari peran dan fungsi Pers, tanpa insan Pers peran Humas sebagai corong Pemerintah Daerah tentu tidak maksimal untuk itu dibutuhkan Media Masa yang bisa menyampaikan informasi itu baik melalui media cetak maupun secara elektronik TV, Online dan Radio.

 

"Peran Pers sangat penting untuk menginformasikan apa yang telah dilakukan dan apa yang akan dilakukan kedepan, saya berharap kerjasama dengan insan Pers lebih baik lagi, Pemda sangat membutuhkan rekan Pers," ujar Wabup, yang juga menegaskan akan mencoba mengakomodir hal lainnya termasuk kerjasama antar media sesuai kemampuan Pemda.

 

Dalam kegiatan yang berlangsung hangat, dan dihadiri oleh awak media Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, juga digelar dialog yang dipimpin Plt. Sekdakab. Meranti Julian Norwis SE MM, dalam moment itu disampaikan berbagai hal baik yang berasal dari rekan Pers maupun Pemda sendiri terkait penyediaan informasi dan Publikasi media. Termasuk juga kerjasama media yang dijalankan oleh Bagian Humas Sekdakab. Meranti. 

 

Rekan Pers berharap, dalam menjalankan fungsi Jurnalistik segala informasi yang dibutuhkan terkait isu yang berkembang dimasyarakat dapat diperoleh secara transparan dan terbuka, baik dari Humas selaku corong informasi Pemerintah Daerah maupun SKPD terkait yang dikonfirmasi. Dalam mendukung operasionalnya rekan media juga berharap Pemda dapat mengakomodir pemasangan Iklan, Adventorial, maupun Galeri. Keterbatasan anggaran saat ini yang dimiliki oleh Pemda untuk mengakomodir juga disadari oleh insan Pers, namun besar harapan, semua kepentingan media dapat terakomodir secara adil sesuai aturan dan kelengkapan administrasi.

 

Dalam kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang itu, disepakati beberapa poin penting baik oleh PPID selaku penyedia informasi, Humas sebagai corong Pemda dan rekan Pers sebagai mitra penyaluran informasi. Diantara kesepakatan itu seperti disimpulkan oleh Kabag Humas Sekdakab. Meranti Helfandi, adalah 

 

1. Bagian Humas Sekda. Meranti bertindak sebagai koordinator PPID, 

 

2. Agar pemberian informasi diberikan kepada Pers yang kredible dilakukannya Pendataan Wartawan dengan mengisi Form Biodata, 

 

3. Pembentukan Forum Wartawan dengan tujuan agar lenyampaian informasi lebih solid, 

 

4. Akan mengupayakan Media Center untuk insan Pers dalam rangka memberikan kemudahan akses informasi, 

5. Dibentuknya PPID disetiap SKPD untuk memudahkan koordinasi informasi dengan Bagian Humas Setda.***ek