Peringatakn HKN ke 52, Rohul Terima 9 Mobil Ambulan

Senin, 19 Desember 2016

Pemkab Rohul berfoto bersama usai melaksanakan peringakatan HKN ke 52

PELITARIAU, Rohul - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan hulu (Rohul) melalui Dinas kesehatan (Dinkes) kampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tahun 2016 Tingkat Kab. Rohul, yang diipusatkan di Halaman Kantor Dinkes Rohul.
 
Kepala Dinkes Rohul Drg Grifino, menjelaskan pemerintah mengajak masyarakat agar menerapkan gaya hidup sehat sesuai dengan Tema HKN Tahun 2016 yaitu, "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat", dengan salah satu kebiasaan hidup sehat yang dilaksanakan untuk kebiasaan saat mencuci tangan.
 
"Kita mendukung dan memotivasi serta membudayakan penerapan gerakan masyarakat hidup sehat," ucap Grifino Kamis (15/12/2016) kemarin.
 
Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau dan Pemkab Rohul menggelar penilaian kegiatan Perilaku Hidup Bersih dari Sehat (PHBS), Posyandu terbaik, Desa siaga, Tenaga medis terbaik, serta Lomba Apotik hidup tingkat desa, dan untuk hadiah pada setiap pemenang akan menerima piala dan penghargaan.
 
Diakui Grifino, dari sekitar 90 ribu peserta Jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), 21 ribu orang sudah di Konversikan ke BPJS, Plus (+) Kartu Indonesia Sehat (KIS).
 
"Dinkes secara administrasi membantu masyarakat miskin agar memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan secara grati, guna membina masyarakat untuk berperilaku hidup sehat", Ungkapnya.
 
Selain memotivasi, Pemerintah juga membantu Fasilitas tambahan kesehatan kepada Pemkab Rohul berupa 9 (sembilan) Unit Mobil Ambulance dari Anggota DPRD Provinsi Riau, Yulianti Khaidir yang diterima oleh H. Sukiman selaku Plt Bupati Rohul.
 
Dalam memeriahkan kegiatan HKN, dilakukan juga kampanye senam cuci tangan sehat dalam bentuk perlombaan yang melibatkan seluruh Puskesmas se-Rohul.
 
Pada kegiatan tersebut dihadiri Sejumlah Direktur utama (Dirut) Rumah Sakit Swasta, Klinik dan Perbankan diwilayah Rohul, Kepala Satuan kerja (Satker) dilingkungan Pemkab Rohul, didampingi Keluarga Besar Dinkes beserta para pegawai Puskesmas dari 16 Kecamatan di Kab. Rohul.**DRA