Kenang Perjuangan Pemekaran Kabupaten Meranti 8 Tahun Silam, Bupati Irwan Berlinang Air mata

Senin, 19 Desember 2016

Kenang Perjuangan Pemekaran Kabupaten Meranti 8 Tahun Silam, Bupati Irwan Berlinang Air mata

 

PELITARIAU, Meranti-Usai gelar Apel pagi sempena HUT Meranti ke 8 tahun di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti Senin (19/12/16) pagi, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi langsung menuju gedung Paripurna dalam serangkaian sidang paripurna istimewa DPRD Meranti dalam agenda Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-8.

Dengan rasa haru yang mendalam, Bupati Irwan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh perjuangan Kabupaten Meranti H. Wan Abu Bakar yang saat itu menjabat Wakil Gubernur Riau, H. Said Hasyim, Profesor Yohanes Umar, Zulkaidil, Syamsurahman, Jalelawati, Sofian Hamzah dan juga Hj. Nirwana Irwan yang rela menjual rumahnya untuk perjuangan Kabupaten Meranti.

Dalam sambutannya, Irwan juga menyampaikan bahwa pemda akan terus membuka akses jalan poros dan jalan desa, yang tidak memakan anggaran yang sedikit sampai ratusan miliar pertahun, semuanya agar masyarakat yang tinggal didesa-desa dapat merasakan manfaat dari dampak pembangunan. 

Selain itu, Irwan juga menyinggung masalah listrik yang dulunya elektrifikasi 32 persen, kini kita sudah mencapai 87 persen khususnya dipedesaan dan pelosok daerah. 

"Pemda sangat menyadari tanpa ada listrik tak mungkin mencibtakan kesejahteraan dan kwalitas pendidikan" Ujar Irwan.

Dalam rangka mensejahterakan masyarakat Pemda konsen menurunkan harga kebutuhan pokok, salah satu upaya dengan merevitalisasi pertanian dan perkebunan, sehingga masyarakat tidak terlalu tergantung lagi terhadap bahan pokok dari luar. 

Begitu juga untuk mncukupi kebutuhan pangan, bawang, cabe, sayur mayur, berkat kerja keras SKPD terkait, telah muncul desa-desa pertanian yang mampu menyuply kebutuhan masyarakat. 

Juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau dan DPRD Provinsi Riau atas alokasi anggaran sebesar 139 Miliar ditahun ini kepada Kabupaten Meranti.

Untuk mendorong pembangunan Desa Pemda Meranti telah mengeluarkan program PMPM dan menggelontorkan anggaran sebesar 122 Miliar untuk membantu pembangunan berskala kecil di desa.

Akibat jatuhnya harga minyak dunia terjadi rasionalisasi anggaran, kondisi itu harus diiringi dengan efisiensi belanja daerah, menyikapi hal itu Pemda sangat komit dengan menjalankan program pembangunan dengan skala prioritas.

Bupati Irwan juga mengharapkan dukungan keamanan dari pihak terkait karena tanpa itu, kondusifitas  daerah dan peningkatan investasi sulit dicapai.

Sementara itu Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Darius Husein menyampaikan dapat berkembang dan menjadi kebanggaan Provinsi Riau dari segi berbagai aspek. Dan berharap Kabupaten Meranti dapat memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal dalam membangun daerah.***ek