Mantap, SMKN1 Tebingtinggi Raih Adiwiyata Nasional 2016

Rabu, 14 Desember 2016

SMKN1 Tebingtinggi Raih Adiwiyata Nasional 2016

PELITARIAU, JAKARTA - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Tebingtinggi Kabupaten Kepulauan Meranti menerima penghargaan Adiwiyata Nasional bersama 25 sekolah lainnya di Propinsi Riau.

 

Penghargaan ini diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP kepada kepala sekolah SMKN1 Tebingtinggi, Drs Zamzuri didampingi Wakil Kepala Sekolah, Rosidah Spd dalam acara Sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016, Di Auditorium Manggala Wanabakti Jalan Jenderal Gatot Subroto,Slipi, Jakarta Pusat,Selasa (13/12/16).

 

Kepastian diraihnya penghargaan ini setelah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Badan Lingkungan Hidup mendapat surat undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bertanggal 10 desember 2016 dan keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK882/MENLHK/P2SDM/SDM.2/11/2016.

 

"Alhamdulillah, kali ini sekolah kita mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional. Ini merupakan prestasi yang cukup menggembirakan. Terima kasih kepada seluruh pihak sehingga prestasi ini dapat kita raih," ujar Wakil Kepala Sekolah, Rosidah Spd yang dikonfirmasi melalui selulernya, selasa (13/12/16).

 

Kepala Badan Lingkungan Hidup, Drs H Irmansyah MSi melalui Kasubid Evaluasi Amdal, Raja Yusran mengatakan SMKN Tebingtinggi terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Nasional telah berhasil melestarikan dan mempertahankan pelestarian lingkungan hidup. Dengan raihan tersebut nantinya diharapkan menjadi motivasi bagi sekolah lainnya untuk bisa ikut melestarikan lingkungan hidup tersebut.

 

"Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang berwawasan dan berkarakter lingkungan. Sekolah tersebut terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Nasional karena dinilai telah berhasil melestarikan dan mempertahankan pelestarian lingkungan hidup. Selain itu, sekolah tersebut dinilai mampu dalam pengelolaan lingkungan hidup," kata dia

Raja Yusran menambahkan pemberian penghargaan tersebut telah melalui mekanisme penilaian yang terdiri atas tahap penilaian dokumen, evaluasi lapangan, dan penilaian akhir. 

 

"Dari berbagai tahapan tersebut, SMKN1 akhirnya ditetapkan menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Riau dan secara otomatis ikut dalam penilaian Adiwiyata tingkat nasional. Beberapa waktu lalu, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup telah melakukan penilaian di sekolah tersebut secara langsung," ujarnya.

 

Setiap tahun, Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional kepada sekolah-sekolah yang peduli pada lingkungan sehat, bersih serta indah. Keberadaan program ini diharapkan membuat seluruh masyarakat di sekitar sekolah menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat.***ek