Pelatihan Jurnalistik Sekolah Oleh PWR Rohul, Ini Cara Buat Beritanya

Senin, 05 Desember 2016

Pengurus dan anggota PWR Rohul berfose bersama Kepala SMAN 2 Ujungbatu usai melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalsitik

PELITARIAU, Rohul - Dalam rangka mengenalkan dasar-dasar jurnalstik di tingkat sekolah, pengurus bersama anggota Persatuan Wartawan Rokan hulu (PWR) melaksanakan pelatihan jurnalistik dasar di SMAN 2 Ujungbatu dan SMKN 1 Ujungbatu di Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan hulu (Rohul) Riau.
 
Kegiatan kegiatan pelatihan jurnalistik yang ditaja Sabtu (03/12) kemarin, pertama dilaksanakan di SMAN 2 setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan kegiatan serupa di SMKN 1, pelatihan jurnalsitik yang dibuat oleh PWR disekolahan dengan peserta siswa-siswi juga menghadirkan penasehat PWI Rohul Harjoni sebagai narasumber.
 
Ketua PWR Acce Nauli Harahap mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan pelaksanaan pelatihan jurnalistik dasar di sekolahan yang telah dilaksanakan. PWR juga mengucapkan terimasih terkhusus Pemkab Rohul dan Disdikpora Rohul dukungan sehingga acara bisa berjalan lancar.
 
"Pelatihan jurnalistik ini untuk mengenalkan kerja jurnalistik kepada siswa-siswi, dengan mengenal kerja jurnalsitik maka, akan bisa membedakan wartawan benaran dan wartawan abal-abal," ucapnya.
 
Semantara itu, Harjono sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan jurnalsitik menjelaskan tentang teknik-teknik mencari informasi, mengumpulkan informasi dan teknik menulis berita. "Wartawan bertugas mencari informasi untuk pemberitaan dengan cara-cara yang sudah diatur dan dilindungi oleh undang-undang pers," ujar Harjono.
 
Kata Mantan ketua PWI Rohul ini, dalam melakukan penulisan berita, langkah pertama yang harus diketahui adalah 5W + 1H, dari kumpulan pertanyaan 5w + 1h akan menjadikan informasi sempurna dan bisa disampaikan ke publik dengan menggunakan alat seperti koran, portal berita, radio dan televisi," ujar Harjono. **Hendra