Bupati Irwan Minta Masyarakat Tidak Tanam Sawit dan Anjurkan Tanam Cabe

Jumat, 02 Desember 2016

Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan Msi

PELITARIAU, Meranti- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan Msi meminta masyarakat untuk tidak lagi menanam Sawit, dan menganjurkan untuk menanam cabe. Hal ini di karenakan secara ekonomi sawit kurang menguntungkan. 

"Sawit tidak usah ditanam lagi, karena secara ekonomi kurang menguntungkan, mari tanam cabe yang lebih menjanjikan," ucapnya.

Himbauan Bupati Irwan ini sungguh beralasan bahwa jika di lakukan perhitungannya tanaman cabe lebih menguntungkan, jika dirupiahkan dengan hasil panen mencapai 1 ton dengan harga cabe 75 ribu/kilo akan menghasilkan uang sebanyak 75 Juta rupiah.

Seperti panen raya cabe yang di lakukan oleh Bupati Irwan di Tanjung Pranab Rabu(30/11/16) lalu tercatat dari 1.5 Ha lahan yang ditanami cabe dapat memproduksi sebanyak 1 Ton cabe, lama pembibitan hingga panen membutuhkan waktu 4 bulan. Artinya jika jika dijual seharga 100 Ribu/Kg (harga pasaran di Meranti saat ini), akan menghasilkan uang bagi petani sebesar 75 Juta atau jika dibagi 4 maka perbulannya akan menghasilkan uang 18 Jutaan. 

"Ini sangat menjanjikan, bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa, andai saja tiap keluarga mau melakukannya maka akan meningkatkan pendapatan keluarga dan mengurangi angka kemiskinan di Meranti," terang Bupati.***ek