Jadi Pembicaraan, Pimpinan DPRD Riau Segera Bentuk Pansel Wagubri

Kamis, 24 November 2016

Septina Prrimawati Rusli

PELITARIAU, Pekanbaru - Pimpinan DPRD Riau dalam waktu dekat akan membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Wakil Gubernur Riau yang saat ini masih kosong ditinggalkan oleh Arsyadjuliadi Rahman yang jadi Gubernur Riau menggantikan Anas Maamun tersandung kasus hukum.  Pembentukan Pansel menidaklanjuti rampungnya pemuatan Tatib (Tata Tertib) proses pemilihan.

Ini diakui langsung oleh Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli saat dikonfirmasi wartawan.  "Saat ini sudah dalam tahap pembicaraan di tingkat Pimpinan Dewan untuk dilakukan pembentukan Pansel.  Hanya saja pembentukan masih memerlukan pembahasan lanjutan. Tunggu saja, dalam waktu dekat akan dibentuk," sebutnya.

Sementara itu mantan Ketua Pansus Tatib Pilgubri, Aherson, saat dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, untuk Pansel ini nanti merupakan perwakilan dari Anggota Fraksi yang ada ditambah dengan Pimpinan DPRD Riau.

"Jadi nanti nama yang diajukan oleh DPD Golkar akan diseleksi dulu administrasinya oleh Pansel ini.  Kalau lulus baru dilakukan proses pemilihan oleh anggota dewan melalui Pemilu internal DPRD Riau.

Walaupun Pansel belum terbentuk, pihak Partai Golkar sudah bisa mengajukan nama calon ke DPRD Riau.  Sambil berjalan, proses pembentukan Pansel bisa dilakukan.  

"Pembentukan Pansel itu kan tidak sulit lagi.  Jadi bisa saja dilakukan sambil berjalan.  Nama calon diajukan, DPRD Riau akan bentuk Panselnya," jelas politisi Demkrat ini.***(r 10/pnc)