Kasus DBD Pekanbaru Meningkat, Tercatat 834 Kasus serta 10 orang Meninggal

Rabu, 23 November 2016

Nyamuk DBD

PELITARIAU, Pekanbaru - Menurut Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang Januari hingga minggu kedua November tercatat sebanyak 834 kasus. Dari jumlah tersebut telah memakan korban jiwa meninggal akibat DBD sebanyak 10 orang.

Artinya jumlah tersebut jauh meningkat jika dibandingkan tahun lalu, dimana ada 502 warga Pekanbaru yang terjangkit DBD.

Kadiskes Kota Pekanbaru, Helda S Munir saat dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan langkah-langkah sosialisasi di setiap Puskesmas di 12 kecamatan di Pekanbaru.

"Untuk pencegahan akan bahayanya nyamuk Aides Aegypti yang akan muncul di musim penghujan ini kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan di puskesmas-puskesmas di Kota Pekanbaru, paling tidak hal ini bisa mengurangi penderita DBD," ungkap Helda, Rabu (23/11/2016).

Lanjut Helda, adapun sosialisasi yang diterapkan kepada masyarakat melalui Puskesmas yakni menggunakan lavitrap. Lavitrap itu adalah alat perangkap larva untuk menekan perkembangan biakan nyamuk Aedes Aegypt yang bahannya bisa dibuat dari bahan kaleng bekas yang dicat hitam atau botol agua yang diletakan setiap sudut halaman rumah masyarakat.

"Kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus melakukan pembersihan lingkungan maupun pekarangan rumah, seperti membersihkan selokan parit yang tersumbat oleh sampah-sampah, menguras bak mandi minimal seminggu sekali, menutup rapat tempat penampungan air," jelasnya.

Sementara untuk fogging sendiri, menurut Helda, tidak bisa secara langsung bisa mencegah perkembangan biakan nyamuk. Namun yang penting bagaimana masyarakat mau melakukan pencegahan tersebut.

"Masyarakat juga memiliki peran penting untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih, agar kasus DBD dapat dicegah dan diminimalisir, karena untuk saat ini jumlah penderita DBD dari Januari hingga Minggu Kedua November sebanyak 843 orang, sedangkan korban yang meninggal akibat DBD sebanyak 10 orang," tandasnya.***(r 10/hrc)