Sopandi Bhatin Galang ” Menghulu Bokor dalam sebuah tradisi

Selasa, 22 November 2016

Sopandi Bhatin Ghalang Ketua Panitian Pelaksana Bokor Music World Festival 2016

PELITARIAU, Meranti- Acara Bokor Music World Festival 2016 ini sudah yang ke tiga (3)kalinya di selenggarakan  Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan meranti yang bekerja sama dengan sanggar Bhatin Ghalang di Desa Bokor Kecamatan  Rangsang Barat.

 

Festival musik yang di gandeng dengan perlombaan unik seperti lari di atas tual sagu yang menjadi ikon Meranti ini berhasil memukau ribuan pasang mata, dan berhasil memikat group musik dari luar negri.

 

Festival Sungai Bokor kali ini seperti dikatakan Sopandi selaku Ketua Panitia Pelaksana minggu (20/11/16), mengambil tema "Menghulu Bokor dalam sebuah tradisi" mengandung arti pergi ke Bokor untuk melestarikan tradisi, sesuai dengan tema tersebut diharapkan melalui ivent ini, tradisi dan Budaya Indonesia khususnya Kabupaten Meranti senantiasa lestari dan dilestarikan oleh seluruh masyarakat terutama para generasi muda.

 

"Semoga lewat ivent ini Desa Wisata Bokor dapat lebih dikenal di dunia," Harap Sopandi.

 

Adapun para musisi dan grup Band yang akan tampil dalam Ivent Internasional itu diantaranya Persahabatan Project Perancis, musisi dari Selandia Baru, Meksiko, Waless, Malaysia, Polandia, Rumania, serta musisi lokal Kalila Projek Medan, Aceh, Forum Kompang Batam, Sumbar, Jabar, Solo, Malang Jatim, Kemas Meranti, Pekanbaru Sagu Band dan lainnya.

 

Dalam Ivent Festival Music Sungai Bokor, bukan saja menampilkan berbagai karya seni mulai dari musik dan taria-tarian. Juga akan ditampilkan pertandingan tradisi masyarakat Desa Bokor yakni Lari Diatas Tual Sagu, karena begitu uniknya tradisi ini sampai-sampai Musium Rekor Indonesia menganugrahkan rekor MURI tahun 2015 lalu sebagai sebuah peristiwa unik yang belum pernah terjadi dibelahan dunia manapun. Selain itu pengunjung juga dapat mengikuti Seminar Music dengan pembicara musisi dari dalam dan luar negeri dan yang tak kalah menarik pengunjung juga dapat menyaksikan langsung keasrian hutan mangrove yang ada disepanjang sungai Kecamatan Rangsang Barat.***ek