Pemkab Inhil Taja Pelatihan Shalat Jenazah

Sabtu, 18 Oktober 2014

Pelatihan penyelenggaraan jenazah yang dibuka secara resmi Wakil Bupati Inhil H Rosman Malomo, Jum’at malam (17/10)

PELITARIAU, Tembilahan - Bertempat di Aula Hotel Arrahman Tembilahan dilaksanakan pembukaan pelatihan penyelenggaraan jenazah yang dibuka secara resmi Wakil Bupati Inhil H Rosman Malomo, Jum’at malam (17/10).

 

Kegiatan yang ditaja Bagian Administrasi Kesra Setdakab Inhil ini menurut Ketua Panitia H Kursanie bertujuan agar peserta memiliki kemampuan dalam penyelenggaraan jenazah dengan baik dan benar.


Sementara itu Rosman Malomo dalam sambutannaya menyampaikan bahwa Agama Islam menganjurkan ummatnya agar selalu ingat akan mati, Islam juga menganjurkan ummatnya untuk mengunjungi orang yang sedang sakit, menghibur dan mendo’akannya.


”Apabila seseorang telah meninggal dunia, hendaklah seseorang dari mahramnya yang paling dekat dan sama jenis kelaminnya melakukan kewajiban yang mesti dilakukan terhadap jenazah tersebut, yaitu memandikan, mengkafani, menyembahyangkan, dan menguburkannya, ” ujarnya.


Menyelenggarakan jenazah jelas wabup, yaitu sejak dari menyiapkannya hingga membawanya ke kubur dan menguburkannya, adalah perintah agama yang ditujukan kepada kaum muslimin sebagai kelompok.


”Atas dasar hal tersebut diatas, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Bagian Kesra Bidang Keagamaan, melaksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, yang Insya Allah sudah memasuki tahun ke-5 yang diikuti oleh utusan dari Kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hilir dan sangat diharapkan dapat memberikan manfaat luas, ” harap Rosman. (cr.mar)

 

Editorial : Ramdana Yudha