Pemkab Inhil Gelar Sarasehan Hari Pahlawan

Senin, 07 November 2016

PELITARIAU, Inhil- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Sarasehan sempena hari pahlawan 10 November 2016. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Senin (7/11/2016) yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Inhil bidang pemerintahan, Pahrolrozy.

Kegiatan tajaan Dinas Sosial (Dinsos) ini tampak dihadiri unsur Forkopimda Inhil, kepala beserta para staf Dinas Sosial Kabupaten Inhil, para pelajar SLTP dan SLTA serta kalangan Mahasiswa. Selain itu juga diikuti seluruh Guru Mata Pelajaran PPKn.

"Setiap tanggal 10 November, kita sebagai bangsa Indonesia tidak akan pernah lupa untuk memperingati Hari Pahlawan. Ini merupakan refleksi negara kita dalam menghargai sejarah bangsa Indonesia dalam perjuangan merebut kemerdekaan," ungkap Pahrolrozy.

Ditambahkan, esensi Hari Pahlawan pada masa kini dan masa yang akan datang menurutnya tidak lagi mengejar suatu keinginan Indonesia merdeka, tetapi lebih difokuskan untuk mewujudkan suatu mimpi, harapan dan keinginan kehidupan yang lebih sejahtera.

"Persoalannya adalah bagaimana kita bisa menarik benang merah dari esensi semangat kepahlawanan pada masa lalu menjadi sebuah modal yang dapat digunakan untuk mengangkat harkat, derajat dan martabat bangsa Indonesia kedepan, sehingga cerita tentang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak hanya sebagai cerita heroik belaka, tapi dapat menjadi inspirasi sekaligus pendorong untuk mewujudkan suatu bangsa yang besar, yang tidak hanya cukup menghargai jasa pahlawannya tapi juga menghormati dan meneladani satu sama lain kalau ingin dianggap menjadi bangsa yang besar," tuturnya.

Oleh karena itu, Sarasehan ini kata Pahrolrozy sangat relevan diadakan sebagai salah satu momentum dan usaha yang tepat bila dikaitkan dengan perkembangan situasi dan kondisi aktual bangsa kita dewasa ini.

Sebagai generasi muda, sudah seharusnya menumbuhkan dan menjaga nilai-nilai kejuangan dengan segala daya dan upaya, agar jati diri sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur, tidak hanya menjadi retorika belaka.

Untuk itu, mantan Kadisperindag Inhil ini mengajak semua generasi muda di Kabupaten Inhil untuk selalu menggelorakan semangat juang dengan penuh keyakinan serta bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

"Perlu kita renungkan bersama, pada saat kita memperingati Hari Pahlawan, kita pasti menyadari betapa semangat kepahlawanan yang telah dikobarkan oleh para pejuang telah menginspirasi kita dalam berbagai hal untuk mengisi kemerdekaan," imbuhnya.***Bud/Adv