Kanal

Bupati: Jadikan Exspo Pameran Budaya TMII Sebagai Promosi Kebudayaan Melayu Siak

PELITARIAU, Siak - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menyelenggarakan Pekan Produk Budaya Indonesia 2016 di pelataran parkir Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlangsung pada tanggal 19-23 Oktober 2016.

Dalam kesempatan ini Kabupaten Siak menjadi salah satu peserta yang turut meramaikan kegiatan yang diikuti puluhan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Indonesia.

Yang sangat menarik perhatian pengunjung,di Stan Kabupaten Siak menampilkan kesenian dan corak khas Melayu Siak.

Tiga Menteri sekaligus langsung melihat dan terpukau saat melihat stand Kabupaten Siak, yakni Menko PMK  Puan Maharani, Mendagri Cahyo Kumolo dan Menteri PDT Desa dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Kesempatan baik itu langsung dimanfaatkan oleh Bupati Siak Syamsuar untuk memperkenalkan segala sesuatu tentang Siak. Seperti potensi investasi, jembatan Siak, tenun Siak, aneka kuliner dan usaha ekonomi kreatif masyarakat di Siak.

Tampak para Menteri antusias bertanya tentang banyak hal, bahkan sampai membahas soal gasing, gambus, marwas, bahan kue otak Nago, dan lain-lain.

“Mereka juga sempat bertanya tentang sosok Sultan Syarif Kasim II, lanjut Bupati. Kemudian saya jelaskan tentang perjuangan Sultan Siak tersebut untuk mempertahankan dan mendukung kemerdekaan, hingga rela menyerahkan tahta dan harta untuk Republik Indonesia, jelasnya sambil menebar senyuman.

“Selain cerita tentang sosok Pahlawan Nasional kebanggaan Riau ini, tak lupa saya perlihatkan maket Istana Siak dan Balai Kerapatan Adat peninggalan kerajaan yang termasuk dalam  cagar budaya.

Dengan adanya expo pameran Budaya Indonesia dan Nusantara ini, kami berharap budaya yang ada di Kabupaten Siak juga menjadi bagian budaya Nasional, sehingga dapat di ketahui oleh lapisan masyarakat yang ada di Nusantara.

Apalagi dengan dipaparkanya berbagai usaha kreatif unggulan yang sudah di kenal secara Nasional dan Internasional. Sehingga menjadi barometer bahwa Kabupaten Siak telah mampu bersaing ditingkat Nasional, dan saat ini kami sedang berbenah untuk memperkenalkan Negeri Istana tersebut ke dunia.

Dan ini bagian dari upaya promosi daerah agar Siak juga di kenal tidak hanya Nasional akan tetapi juga go Internasional, ini dilakukan dalam upaya untuk mendorong pariwisata daerah agar mampu meningkatkan dari sektor PAD dalam bidang kepariwisataan, maka dengan adanya pameran Budaya Nasional dan Nusantara, maka ini menjadi kesempatan daerah untuk bersaing dalam budaya Nasional.

Dirinya berharap dengan adanya pameran budaya ini, bisa mempromosikan Siak The Truly Malay  atau Melayu yang sebenarnya agar mendorong pariwisata daerah menjadi lebih maju sehingga mampu meningkatkan PAD kita, harap Bupati dua periode ini.***(hms/baim)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER