Kanal

Masyarakat Talalang Mamak Perlu Perhatian Pemerintah

RENGAT (PR) - Kecamatan Batanggansal, Batangcenaku dan Kecamatan Rakitkulim di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), masih terdapat masyarakat suku talalang mamak. masyarakat yang biasa disebut masyarakat adat ini, kurang terperhatikan baik pendidikan, ekonomi maupun sosialnya oleh Pemerintah serta tidak ada data pasti yang menunjukan keberadaan mereka.

Program-program prorakyat yang dibuat oleh pemerintah daerah khususnya Inhu, tidak satupun yang terlihat menyentuh masyarakat adat tersebut, saat ini saja diragukan kalau sistim administrasi kependudukan masyarakat adat di daerah suku talang mamak tersebut sudah teratur.

"Masyarakat talang mamak di Inhu juga bagian dari masyarakat Inhu, mereka berhak menikmati uang rakyat yang di kelola oleh pemerintah daerah, sejauh ini tidak satupun program yang kontiniu untuk masyarakat talang mamak di Inhu," kata Anggota DPRD Inhu Jafrizal Senin (14/07/2014).

Suku talang mamak memiliki lebih kurang 29 kebatinan yang tersebar di beberapa desa. Namun seiring perkembangan zaman, kehidupan masyarakat Suku Talang Mamak semakin terpinggirkan.

Tanah ulayat, lahan adat, serta utan adat yang disebut-sebut oleh suku talang mamak sudah punah, sebab sejauh ini pemerintah daerah tidak membuat payung hukun atas hutan yang dianggap tempat bermukim oleh suku talang mamak. belum lagi di Inhu juga terdapat anak rimba dan anak pohon  mereka juga manusia yang diyakini oleh Jafrizal belum terdata.(PR- CR 01)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER