Kanal

Juventus Kalah Adu Penalti dari Melbourne Victory

PELITARIAU, Melbourne - Juventus berimbang 1-1 lawan Melbourne Victory di waktu normal laga friendly, tapi kemudian kalah 3-4 dalam babak adu penalti.

Pertandingan yang menjadi bagian dari rangkaian turnamen friendly pramusim International Champions Cup (ICC) 2016 itu dihelat di Melbourne Cricket Ground, Sabtu (23/7/2016).

Dengan pemain macam Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini, dan Mario Mandzukic masih memulihkan diri dari partisipasi mereka di Piala Eropa 2016, allenatore Juve Massimiliano Allegri meracik timnya dengan mengombinasikan pemain inti dan pemain muda/lapis kedua.

Dalam starting XI di laga ini, Allegri setidaknya menurunkan Norberto Neto, Daniele Rugani, Mario Lemina, Hernanes, dan Paulo Dybala yang juga ia turunkan dalam final Coppa Italia 2015-16 lawan AC Milan--laga kompetitif terakhir Bianconeri musim lalu.

Hasil racikan itu di antaranya membuahkan peluang awal di menit ke-14 lewat aksi individu Alex Sandro melewati pemain lawan dan kemudian mengirim bola ke arah Lemina meski penyelesaian akhirnya belum akurat.

Aksi lain dari Sandro di menit ke-21 membuat pemain lawan pada akhirnya harus melanggar dirinya, membuat Juve mendapat tendangan bebas pada posisi cukup bagus. Dybala mengambil tendangan bebas itu tapi bola sepakannya masih menyisir tipis di atas mistar.

Delapan menit berselang Rugani melepaskan tembakan ke arah gawang Melbourne Victory tapi lagi-lagi belum bisa mengubah kedudukan. Kali ini si kulit bundar cuma kena tiang.

Salah satu usaha Victory balas mengancam hadir di akhir paruh pertama, menyusul sapuan tak oke Neto. Gelandang Victory Oliver Bozanic menguasai bola dan mengopernya ke Fahid Ben Khalfallah, meski akhirnya lini belakang Juve mampu merebut si kulit bundar.

Di awal babak kedua Juve langsung mendapat peluang lewat pemain pengganti Valerio Rosseti. Ada opsi mengoper ke Luca Coccolo yang tak terkawal, Rosseti langsung menembak dan gagal menyarangkan bola.

Baru tujuh menit kemudian Juve benar-benar memimpin. Carlos Blanco Moreno, bek Spanyol berusia 20 tahun, menguasai bola hasil operan keliru lawan dan tak berapa jauh dari garis tengah menyepaknya keras-keras. Si kulit bundar meluncur jauh lalu masuk ke gawang.

Menit demi menit berjalan, Victory kemudian bisa menyamakan kedudukan di menit ke-83. Setelah operan demi operan, bola dikuasai penyerang Jai Ingham yang berhasil menjebol gawang Juve untuk membuat skor jadi 1-1.

Tak ada gol lagi di sisa waktu normal. Sesuai aturan dalam turnamen pramusim itu, hasil seri usai 90 menit membuat pertandingan harus dituntaskan lewat adu penalti.

Dalam adu tos-tosan ini, Juve tunduk 3-4 dari Victory setelah Roman Macek dan Stefano Padovan gagal mengeksekusi dengan baik walaupun kiper Juve Emil Audero sempat sukses mengagalkan sepakan eksekutor lawan--Carl Valeri yang jadi penendang pertama Victory.

Juve berikutnya akan menghadapi Tottenham Hotspur, masih di ICC 2016, pada hari Selasa (26/6) mendatang di tempat yang sama.

Susunan pemain

Melbourne Victory: Thomas; Nigro (Geria 46), Donachie, Ansell (Baro 66), Georgievski (Galloway 46); Mahazi (Hope 81), Bozanic (Pasquali 66), Broxham (Valeri 46); Ben Khalfallah (Ingham 46), Berisha (Howard 66), Austin

Juventus: Neto (Audero 64); Rugani (Parodi 46), Marrone, Severin (Blanco 46), Lirola; Lemina (Macek 46), Hernanes (Vitale 46), Asamoah (Kastanos 46), Alex Sandro (Coccolo 46); Dybala (Padovan 46), Cerri (Rosseti 46).***(detik/prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER