Kanal

Kampung Teluk Lanus di Siak Jadi Tranmigrasi Lokal, Ini Persiapannya

PELITARIAU, Siak - Rencana pembangunan Kawasan Transmigrasi Lokal di Kampung Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Provinsi Riau semakin dikuatkan, berbagai persiapan terus dilakukan dalam melakukan pengelolaan lahan pertanian 55 ribu haktare.
 
Pemerintah daerah (Pemda) Siak telah mempersiapkan sejumlah infrastruktur pedukung di Teluk Lanus, diantaranya dengan mengoperasikan dua unit PLTS berkapasitas 100 KWP untuk 428 kepala keluarga, pembangunan akses jalan baru sepanjang 69 KM menghubungkan desa Sei Rawa–Teluk Lanus, serta menyediakan 512 unit Penampung Air Hujan (PAH) untuk masyarakat.
 
Telah dilakukan juga pembangunan pertanian padi sawah seluas 532,47 Haktare dengan rincian lahan yang berada dalam Hutan Produksi Terbatas (HPT) sebanyak 465,83 Ha, sisanya yang berada dalam Hutan Produksi Konversi (HPK) seluas 7,15 Ha. Sementara lahan yang berada dalam Areal Penggunaan Lain (APL) luasnya berjumlah 59,49 Ha.
 
"Sejumlah harapan disematkan untuk keberhasilan program tranmigrasi lokal ini, program ini merangsang pembangunan daerah baru, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa  dan mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan," kata Wakil Bupati Siak Alfedri berbincang dengan pelitariau.com Rabu (1/6).
 
Pemda Siak katanya, sudah melakukan kunjungan dan konsultasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Trasmigrasi di Jakarta. Dari pertemuan itu, Alfedri ingin menindaklanjuti hasil pembicaraan Bupati Siak Syamsuar dan Irjen Kementerian Desa PDT Sugito beberapa hari lalu di Jakarta soal tranmigrasi lokal.***

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER