Kanal

Menggali Potensi Wisata Meranti Perlu Dukungan Semua Pihak

PELITARIAU, Selatpanjang -Potensi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Meranti cukup besar. Untuk menggali potesni tersebut perlu dukungan semua pihak.

 

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) tidak bisa berbuat sendiri. Dinas ini sangat membutuhkan dukungan peran dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya.

Demikian diungkapkan Kadis Parpora Kabupaten Kepulauan Meranti, Ishak Izrai, di Selatpanjang, Minggu (28/9). Menurutnya, peningkatan potensi Pariwisata di daerah ini perlu didukung dengan sarana dan prasarana infrastruktur serta program yang memadai.

"Melihat potensi pariwisata di Kepulauan Meranti, maka Disparpora juga membutuhkan peran Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan satker lainnya," kata Ishak.

Untuk memantapkan keterpaduan peran satuan kerja terkait, ungkapnya, saat ini Disparpora Kepulauan Meranti sedang merancang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (RIPPDA). Dokumen itu nantinya akan menjadi landasan kebijakan dan strategi pembangunan pariwisata lintas sektoral maupun lintas regional yang bersinergi dan berkelanjutan.

"RIPPDA ini penting untuk memastikan arah dan kebijakan yang strategis dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Kepulauan Meranti oleh peran satker terkait dalam 10 tahun kedepan," ujarnya.

Ishak melihat potensi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Meranti sangat mumpuni. Sebab, secara geografis letak daerah ini sangat strategis dan merupakan salah satu kabupaten di Riau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau, dan negara tetangga Malaysia, Singapura.(cr. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER