Kanal

Tak Pernah Berhubungan Seks, Bisakah Kanker Serviks Menyerang?

PELITARIAU, Jakarta- Inspeksi visual asam asetat (IVA) adalah salah satu tes yang umum dianjurkan untuk semua wanita yang pernah berhubungan seksual. Tujuannya untuk melihat adanya indikasi dari penyakit kanker serviks yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV).

dr Boy Busmar, SpOG, dari RS Persahabatan mengatakan HPV ini umumnya menyebar lewat hubungan seksual dan karena kanker serviks pada stadium awal sama sekali tak bergejala, maka satu-satunya cara untuk mengetahui adanya penyakit hanya lewat tes.

Lalu bagaimana untuk seseorang yang belum pernah berhubungan seks, apakah kemungkinan untuk penyakit kanker tersebut tetap ada?

"Secara teori nggak bisa sih. Ada penelitian yang melihat pada orang-orang yang nggak pernah senggama angka kejadian kankernya kecil sekali," kata dr Boy ketika ditemui di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016) sebagaimana diberitakan detk.com.

Namun demikian dr Boy tak menampik kemungkinan ada keadaan 'spesial' di mana seseorang bisa terjangkit HPV dan mengembangkan kanker serviks tanpa hubungan seks. Hanya saja sekali lagi sangat kecil kemungkinannya.

"Penyebaran virus HPV ini terutama dengan hubungan seks. Jadi apakah tertular dari klosetkah, duduk di bangku, atau pakai celana dalam orang yang kena kanker serviks mungkin bisa tapi bukan yang utama," kata dr Boy.

"Kalau misalnya pas di toilet ada virusnya terus pas disemprot bisa melenting masuk ke dalam vagina ya mungkin bisa kena, tapi kan vagina itu menutup kencang. Kalau virusnya di penis, itu kan nusuk ya jadi baru bisa sampai," tutup dr Boy.**


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER