Kanal

Kampung Majapahit Kembali Hidup, 194 Rumah Selesai Direnovasi

PELITARIAU, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkab Mojokerto menghidupkan kembali kawasan Majapahit. Majapahit adalah kerajaan terbesar yang konon berhasil mempersatukan nusantara di bawah pemerintah Prabu Hayam Wuruk dan patihnya Gajah Mada.

Sudah ada 194 rumah di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto yang direnovasi. "Renovasi 194 rumah menyerupai bangunan di era zaman Majapahit telah selesai," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, beberapa waktu lalu sebagaimana dilansir okezone

Pakde Karwo mengatakan, pembagunan kawasan perkampungan Majapahit terbagi dalam dua tahap. Pada 2014 sebanyak 94 Unit rumah yang menelan dana Rp4,98 miliar dan tahap II tahun 2015 sebanyak 100 rumah dengan biaya Rp5,7 miliar.

"Pembangunan rumah model Majapahit ini semuanya dianggarakan dari APBD Jawa Timur, sedang untuk pembuatan pagarnya diambil dari anggaran APBD Kabupaten Mojokerto," jelas Pakde Karwo.

Pada 2016 pembangunan akan dilanjutkan. Targetnya, berdiri 300 unit rumah ala perkampungan Majapahit di tiga tempat, yakni di kawasan Segaran, Candi Tikus, dan Candi Bajang Ratu. Semuanya berada di Kecamatan Trowulan.

Bangunan-bangunan rumah warga di kawasan tersebut terlihat dengan model menggunakan joglo-joglo khas kerajaan Majapahit. Pembangunan kawasan ini untuk mendukung destinasi wisata Majapahit.


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER