Kanal

Dewan Minta Pemda Proritaskan Pembangunan Jalan Pesisir

PELITARIAU,ROHIL- Pembangunan jalan lintas di wilayah pesisir seperti kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) harus menjadi perhatian pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengingat keberadaan jalan lintas sangat penting sekaligus membuka keterisoliran daerah dan mempercepat lalu lintas.
 
Desakan ini dikemukakan anggota DPRD Rohil H Bakhtiar SH, Jumat (18/12) di Bagansiapiapi. Menurut Bahktiar keberadaan jalan lintas di Palika sangat didambakan oleh masyarakat. Sejauh ini masyarakat tidak bisa melewati jalan yang ada dengan baik karena kondisinya masih berupa tanah dasar belum ada penimbunan. 
 
"Kami minta pemkab nantinya bisa fokus untuk pembangunan jalan pesisir terutama yang tembus ke arah Medan, Sumut. Mengingat ada wilayah di Palika yang tembus langsung dengan wilaya propinsi Sumut, tepatnya ke arah Rantau Prapat. Jika jalan telah dibangun dengan baik tentunya bisa mengurangi jarak tempuh kurang dari dua jam," kata Bakhtiar. 
 
Dengan jalan yang baik terangnya bisa meningkatkan aktifitas perekonomian masyarakat mengingat selama ini hubungan transaksi perekonomian antar masyarakat di wilayah perbatasan itu telah berjalan dengan baik. 
 
"Secara umum untuk pembangunan jalan lintas pesisir terhitung dari PEdamaran masuk ke kecamatan Kubu, terus ke Sungai Daun, Panipahan dan tembus ke arah Tanjung Balai, Sumut. Jika jalan lintas pesisir sudah baik maka saya yakin pembangunan di pesisir yang selama ini masih tertinggal bisa lebih di pacu lagi," katanya. 
 
Kedepan terangnya prospek pengembangan infrastruktur itu bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Apalagi masih terdapat berbagai rencana pembangunan yang akan digesa pemerintah seperti pelabuhan dan bandara. 
 
"Memang kabarnya setiap tahun pembangunan jalan lintas pesisir itu masuk dari propinsi Riau tapi kog kita melihat belum ada kegiatan pengerjaan pembangunan jalan tersebut. Kami harap dari propinsi bisa memperhatikan apalagi menyangkut perbatasan dengan propinsi lain. Kami dari DPRD Rohil akan berusaha memperjuangkan untuk masuk dalam anggaran," pungkasnya***Jr

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER