Kanal

Ternyata Masyarakat di Pelosok Desa Inhu Sudah Tahu Pencoblosan 9 Desember

PELITARIAU, Rengat-Gencarnya sosialisasi pelaksanaan pilkada pemilihan Bupati / Wakil Bupati di Inhu diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan. Sehingga masyarakat yang berada di berbagai pelosok desa di Inhu sudah mengetahui secara pasti tanggal pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Selain sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Inhu juga dua pasangan calon (Paslon) peserta pilkada Inhu ikut mensosialisasikannya kepada masyarakat. Sehingga target 77 peresen partisipasi masyarakat pemilih diharapkan dapat tercapai.

Seperti yang diungkapkan beberapa warga masyarakat di desa Pasir Ringgit Kec. Pasir Penyu Inhu menyatakan sudah mengetahui dengan pasti pelaksanaan pilkada Inhu. Selain sosialisasi yang disampaikan oleh KPU juga paslon turun ke lapangan menurut masyarakat setempat.

"Kita sudah tahu mengenai pelaksanaan pilkada di Inhu baik yang disampaikan KPU secara langsung maupun berbagai pengumuman yang disampaikan lewat media massa. selain itu juga paslon datang ke desa kami untuk mengingatkan agar nantinya pada tanggal 9 Desember agar ikut mencoblos di TPS,"ungkap Mak Itam, ibu rumah tangga di desa Pasir Ringgit kemarin.

Dijelaskannya meski sebagai ibu rumah tangga tetap akan memberikan hak pilihnya sebagai warga masyarakat yang baik. Sebab menurutnya sebagaimana sosialisasi KPU satu suara ikut menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin Inhu lima tahun kedepan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Toni warga desa Petalongan Kec. Pasir Penyu Inhu. Menurutnya sebagai masyarakat sudah mengetahui bahwa pada tanggal 9 Desember mendatang merupakan hari pencoblosan.

"Meski saya tinggal di seberang sungai Indragiri tetapi saya tahu pada tanggal 9 Desember merupakan hari pencoblosan pilkada Inhu. Apalagi dikota Airmolek dulunya KPU Inhu banyak melalukan sosialisasi termasuk adanya lomba kreatifitas yang dilakukan oleh pemilih pemula di lokasi pasar, bukan saya saja yang menyaksikannya tapi masyarakat banyak,"jelas Toni yang sangat menyayangkan sekali kalau masih ada masyarakat yang tidak mengetahui adanya pilkada.  

Sebelumnya Ketua KPU Inhu Muhammad Amin menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan yang merupakan bagian inti dari tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.
 
Dimulai dari penyusunan program dan anggaran, penyusunan peraturan penyelenggaraan pemilihan, sosialisasi penyuluhan dan bimbingan teknis, pembentukan PPK, PPS dan KPPS, pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) serta pemutakhiran data dan daftar pemilih.
 
Sedangkan guna meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam Pilkada nanti, pihaknya telah melakukan banyak kegiatan sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat, termasuk pemilih pemula. Salah satu terobosan baru yaitu dengan melaksanakan berbagai lomba Kreasi Inovasi Sosialisasi (KIS) yang telah dilaksanakan dan terbagi dalam empat zona dari 14 kecamatan yang ada.

Selain itu pihak KPU Inhu dalam sosialisasinya sudah melaksanakan berbagai kegiatan lainnya langsung ke masyarakat. Termasuk juga yang baru-baru ini dilaksanakan berupa jalan sehat yang dilaksanakan di berbagai kota besar di Inhu.(r 10)
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER