Kanal

Hari Ini, Masyarakat Pesisir di Meranti Adakan Perlombaan Sampan Layar

PELITARIAU, Meranti- Dalam rangka mengisi kegiatan di hari Guru, serta sekaligus mengambil ciri khas tradisi masyarakat Pesisir, guna untuk mengingat tradisi melayu supaya tidak hilang akibat termakan oleh zaman.

Melalui Dana Suadaya Pemuda Desa Sialang Pasung Kecamatan Rangsang Barat (Rasbar) Kabupaten Kepulauan Meranti, kini pemuda berhasil mengelar teradisi Masyarakat Pesisir dengan perlombaan sampan layar.

Kegiatan yang digelar pada hari Senin (30/11) pukul 11:00 wib tersebut, terlihat ratusan masyarakat Desa Sialang Pasung memadati lokasi acara sampan layar yang digelar Pemuda Desa Sialang Pasung, Dusun 1 jalan Utama.

Kepala Desa sialang pasung, Abdul Manaf yunus mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ciri khas tradisi masyarakat pesisir Desa sialang pasung Kabupaten Kepulauan meranti yang tinggal perairan tentunya.

"Dana untuk kegiatan ini juga diambil dari dana suadaya masyarakat sini untuk mengelar perlombaan sampan layar," Jelasnya.

"Ini merupakan perlombaan untuk hiburan masyarakat Desa kami saja, akan tetapi kalau ada peserta dari luar, seperti Desa Insit yang mau ikut silakan," ungkapnya.

Ketua panitia penyelengara sampan layar, Alfian (35) mengungkapkan kalau dalam kegiatan perlombaan yang diikuti sebanyak 14 sampan layar, dan dari dua Desa saja, pihaknya tidak memunguti biaya pendaftaran. Sedangkan hadiah juara 1 saja hanya Rp 500.000.

"saya berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses untuk kita semua. Sehingga perlombaan sampan layar ini selalu kami gelar baik dari acara 17 agustus maupun acara pemuda," jelasnya.***wr

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER