Kanal

Sekda Rohil: Himbauan Bupati Jangan Disikapi Miring

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Terkait himbauan Bupati Rokan Hilir H Suyatno agar masyarakat tidak alih fungsi lahan disinyalir dipolitisi oleh pihak tertentu (Blac Campion). Pada hal himbauan bupati itu ada kaitan nya dengan kebijakan nasional agar masyarakat tidak serta merta mengalih fungsi lahan.

"Bukan berarti pak bupati melarang kita untuk berkebun atau bertani, ini agar pangan kita tetap terjaga dengan baik, dimana Rokan Hilir selama ini dikenal sebagai wilayah penghasil padi, bahkan surplus, ini karena kesuburan tanah, jadi kalau ada yang bersikap miring terkait himbauan bupati ini, mari kita luruskan jangan pula dipolitisi," himbau Plt Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan Msi belum lama ini di Bagansiapiapi.

Menurut Plt Sekda, semasa kadisbun Azwir M Noor hasil padi di Rokan Hilir sangat besar, sekda menyebutkan daerah penghasil padi seperti di Mukti Jaya, Teluk Pulau, Rimba Melintang, pekaitan, Kubu seperti di Sungai Segajah. Malahan hasil padinya banyak di jual ke luar Rokan Hilir seperti ke Sumut.

"Sekarang kita lihat apa yang ada sekarang, yang ada lahan ditumbuhi kelapa sawit, dan sawit harganya juga tidak selalu stabil, kemarin ini harganya turun sangat drastis hingga dibawah lima ratus rupiah, bahkan sering turun, tapi kalau padi stabil,"katanya.

Plt Sekda mengatakan, ada bukti nyata kabupaten yang lain masih tetap bertahan bertani padi seperti di Kabupoaten Siak.Sekda minta bagi masyarakat yang ini melihat luangkan waktunya dikiri kanan jalan terlihat hamparan hijau padi yang sangat menggemaskan.

"Sementara kita banyak yang tidak lagi mau menanam padi, malahan kita dulu ramai-ramai mendirikan sarang walet ditengah sawah yang selama ini ditanam padi, tetapi sekarang harga sarang walet juga anjlok, makanya untuk memenuhi kebutuhan pangan pemerintah menghimbau agar kita jangan alih fungsi lahan, maka kadang apa yang disampaikan oleh pimpinan itu bukan untuk menyesarakan masyarakat,akan tetapi semua itu untuk masyarakat itu sendiri," katanya mengakhiri.***Zi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER