Kanal

Fungsi dan Peranan KTNA Harus Lebih Ditingkatkan

PELITARIAU, Rohil- Plt Sekda Rokan Hilir Drs H Surya Arfan Msi secara resmi membuka acara rembug Paripurna Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Rokan Hilir bertempat di Aula Wisma Armarosa Bagansiapiapi, Kamis (19/11).

Peserta rembug yang terdiri dari utusan KTNA dari masing kecamatan se-Rokan Hilir juga turut hadir Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Rokan Hilir.

 

Dalam sambutan Plt Sekda mengharapkan pelaksanaan rembug ini akan terpilih pengurus baru KTNA Kabupaten Rokan Hilir yang baru, ia berharap kepada pengurus yang terpilih nantinya baik, dinamis, dan siap di depan membantu petani, serta meningkatkan koordinasi kepada pemerintah. Ia juga mengingatkan pentingnya para petani terdaftar dalam kelompok tani, karena kedepannya untuk memperoleh bantuan dari pemerintah dan pupuk subsidi melalui kelompok tani.

Dikatakan Sekda, rembug KTNA sebagai forum tertinggi musyawarah anggota dalam menentukan pimpinan kelompok tani untuk menjalankan fungsi KTNA Kabupaten Rokan Hilir sebagai organisasi yang bersifat independen di tengah-tengah masyarakat, sesuai aturan perundang-undangan tentang penyuluhan KTNA, bahwa gabungan kelompok tani (Gapoktan) difasilitasi dan diberdayakan oleh pemerintah daerah agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang kuat dan mandiri sehingga mampu mencapai tujuan,"katanya.

Lebih jauh ia katakan, bahwa kegiatan ini dapat menciptakan peran KTNA Kabupaten Rokan Hilir dalam mendukung pembangunan pertanian sebagai pilar utama dalam pembangunan ekonomi di Kabupaten Rokan Hilir, serta dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

Ia juga berharap para petani menggunakan potensi alam. Sebagai mana Sekda katakan pada tahun 2011 lalu Rohil,merupakan daerah pertanian sehingga setiap tahun nya hasil padi di beberapa kecamatan seperti di Rimba Melintang,Kubu,Pekaitan, dan beberapa kecamatan lain yang disebutkan plt Sekda surplus hasil pertanian padi,"katanya.

"Namun hal itu kini berangsur-angsur menurun akibat banyaknya masyarakat kita yang mengalih fungsikan lahanya ke perkebunan kelapa sawit,"katanya.

Ditambahkan Sekda bahwa pemerintah tetap berkomitmen membantu masyarakat dibidang pertanian, perikanan.Untuk itu permerintah Rokan Hilir tidak henti-hentinya memberikan bimbingan dan bantuan kepada masyarakat demi mensejahterakan masyarakat itu sendiri," tambahnya.***Zi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER