Kanal

Penampilan AMB Asal Yogyakarta Mampu Menarik Perhatian Para Penonton

PELITARIAU, Rengat- Gelaran Festival Seni Budaya dan Teraju Gawai Teater III  Indragiri Hulu malam tadi resmi berakhir. Penutupannya sendiri secara resmi dilakukan langsung oleh Asisten Administrasi Umum H Agus Rianto SH di Gedung Kesenian Indragiri, Jalan Ahmad Yani Rengat, Jumat (30/10).

Turut hadir dalam kegiatan itu Kasdim 0302 Inhu Mayor Kav Sukri Hendri SKom, perwakilan Polres Inhu, Kepala Dinas Kesehatan Inhu Suardi serta para tokoh pemerhati seni di Indragiri Hulu.

Malam penutupan gelaran teraju gawai teater malam tadi,menampilkan bintang tamu yaitu kelompok teater Anak Muda Bicara (AMB) asal Yogyakarta yang penampilannya mampu menarik perhatian para penonton yang hadir dengan tampil membawakan judul cerita "Kalimasada".

Sebelum diumumkannya para jawara yang ikut serta dalam sejumlah kategori teraju gawai teater, Ketua Dewan Kesenian Indragiri (DKI) H.Mailiswin, mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya pelaksanaan festival yang telah berlangsung selama 2 minggu ini.

Untuk festival seni budaya yang memperlombakan berbagai kesenian daerah baik dari seni tari maupun seni suara, pengumuman sekaligus penyerahan hadiahnya sendiri telah dilakukan pada 23 oktober lalu. Sedangkan untuk festival Teraju gawai teater yang diikuti sebanyak 12 grup teater, malam tadi merupakan malam puncak pelaksanaannya dan sekaligus pengumuman para pemenang .

Selain pihak sponsor,  Mailiswin juga menyampaikan terima kasihnya kepada pihak Pemkab Inhu yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan event yang telah menginjak tahun ke tiga ini. Diharapkan penyelenggaraan event ini kedepannya dapat terus digelar agar terus mampu memunculkan kreatifitas para seniman-seniman inhu yang memiliki talenta khususnya dibidang seni teater.

Sebanyak 13 kategori diperlombakan pada event Teraju Gawai teater III kali ini diantaranya grup penyaji terbaik, manajemen produksi terbaik, pemeran utama pria terbaik, pemeran utama wanita terbaik, pemeran pendukung pria terbaik, pemeran pendukung wanita terbaik, sutradara terbaik, penata musik terbaik, penata artistik terbaik, aktor berbakat, aktris berbakat, sutradara berbakat dan group berbakat. Para peserta yang berhasil juara dalam event tersebut memperoleh piala, dana pembinaan serta piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh H Agus Rianto SH dengan didampingi para pejabat yang hadir.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum H Agus Rianto SH menyampaikan selamat kepada para pemenang yang telah berhasil menjadi juara dari sejumlah kategori yang diperlombakan. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para komunitas teater AMB yogyakarta yang sampai tahun ketiga penyelenggaraan festival ini dapat terus bekerjasama.

Apa yang menjadi masukan dari dewan juri terkait dengan pendampingan kepada para peserta dalam tahap penseleksian dirasa sangat perlu dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan juga dewan kesenian Inhu.

Sehingga diharapkan dalam penyelenggaraan festival kedepan, nantinya tidak sekedar ceremonial saja namun mampu memunculkan para pemain serta pemeran yang benar-benar handal dan profesional serta bahkan mampu mengangkat Kabupaten Inhu melalui dunia seni.***rd


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER